Sukses

Lifestyle

5 Kelebihan Orang yang Punya Kebiasaan Begadang

Fimela.com, Jakarta Karakter seseorang bisa terbentuk dari kebiasaan yang dilakukannya. Seperti dari kebiasaan harinya. Buat yang sering begadang dan tidur larut, ada beberapa kelebihan yang biasanya dimiliki dalam kepribadian dan karakternya.

Bagi sebagian orang yang bisa lebih fokus kerja atau melakukan sesuatu pada malam hari, ada sejumlah kelebihan dari kepribadian yang mereka punya. Untuk lebih jelasnya, yuk kita ungkap satu per satu di sini.

1. Lebih Cerdas

Dikutip dari personal.lse.ac.uk, dalam penelitian Why night owls are more intelligent, disebutkan bahwa orang-orang yang sering begadang dan tidur pada jam teratur lebih cerdas daripada orang-orang yang bangun saat fajar. Salah satu alasannya berkaitan dengan siklus tidur. Memiliki jam tidur yang tidak biasanya bisa membuktikan kemampuan adaptasi yang tinggi pada seseorang.

2. Lebih Kreatif

Begadang bisa membuat pikiran kita dipenuhi banyak solusi dan gagasan yang melebihi kemampuan berpikir standar. Dilansir dari lifehack.org, pakar kesehatan tidur, Jim Horne juga mengungkapkan bahwa orang yang suka begadang bisa jadi penyair, seniman, dan ilmuwan yang sukses. Pekerjaan-pekerjaan yang memberi tuntutan berpikir kreatif bisa sangat cocok untuk orang yang hobi begadang.

3. Tubuh Terasa Lebih Kuat pada Siang Hari

Meski mungkin orang yang hobi begadang sangat sulit bangun pagi, tapi tubuhnya bisa terasa lebih kuat pada siang hari. Daya tahan tubuh dan kekuatan yang dimiliki bisa lebih tinggi pada siang hingga malam hari dibandingkan yang punya kebiasaan bangun pagi. Pada siang hari bisa lebih mudah terjaga dan saat olahraga pada sore hari bisa lebih semangat.

4. Berpotensi Besar Menjadi Orang Sukses

Barack Obama dikenal suka membaca hingga lewat tengah malam meski aktivitas hariannya sudah segudang dan sangat padat. Winston Churchill pun dikenal sebagai orang yang sering begadang. Chef terkenal, Gordon Ramsay juga mengungkapkan dirinya hanya tidur empat jam sehari dan begadang semalaman untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Kalau waktu begadang bisa kita maksimalkan dengan baik, maka potensi dan peluang kita untuk jadi orang sukses akan sangat besar.

5. Aktivitas Otak Lebih Tinggi

Dikutip dari medicaldaily.com, aktivitas begadang bisa berdampak positif pada aktivitas otak. Orang yang sering begadang bisa lebih mudah menyesuaikan jam tidurnya. Bahkan tak gampang mengantuk. Dalam sebuah penelitian tahun 2009 yang dipublikasikan di jurnal Science, disebutkan bahwa orang yang punya kebiasaan bangun pagi aktivitas di otaknya yang berkaitan dengan kemampuan konsentrasi dan ritme sirkadiannya lebih rendah. Dengan kata lain, orang yang suka begadang punya aktivitas otak yang lebih tinggi dalam hal konsentrasi dan ritme sirkadiannya.

Bila diimbangi dengan menjaga pola makan dan kebiasaan hidup yang seimbang, kesehatan tubuh pun bisa terjaga dengan lebih baik. Selama aktivitas begadang dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif, maka kita pun bisa mendapatkan manfaat terbaiknya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading