Sukses

Lifestyle

Jelang Harbolnas, Begini Antusiasme Orang Indonesia

Fimela.com, Jakarta Belanja online sudah menjadi rutinitas orang Indonesia. Saking trennya aktivitas belanja online dibuatlah sebuah perayaan khusus berupa Hari Belanja Online (Harbolnas) yang dirayakan pada 12 Desember setiap tahunnya.

Pertama kali digelar sejak 2012, Harbolnas selalu menarik perhatian orang Indonesia. Terlebih, kampanye kegiatan ini dibuat untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kemudahan melakukan belanja online secara aman dan nyaman. Selain itu, kegiatan ini juga memajukan industri e-commerce di Indonesia.

Setiap tahunnya, belanja online semakin digemari oleh masyarakat dan partisipan e-commerce dalam Harbolnas pun semakin bertambah. CupoNation, sebuah portal diskon lokal, melakukan analisa soal perkembangan minat orang Indonesia terhadap Harbolnas selama dua tahun terakhir.

Berdasarkan kata kunci melalui Google, volume penelusuran kata kunci "Harbolnas" mengalami peningkatan sebanyak 20 persen pada 2017. Dianalisa lebih jauh, volume penelusuran kata kunci Harbolnas ini berasal dari beberapa wilayah terbesar di Indonesia, seperti Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

 

Data tentang Festival Belanja

Sementara pada gelaran Black Friday, CupoNation mencatat volume kata kunci "Black Friday" lebih didominasi oleh masyarakat Indonesia yang ada di Pulau Jawa. Seperti Papua Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Utara.

Dari studi ini juga terungkap, e-commerce apa saja yang paling banyak dicari berdasarkan penelusuran Google. Hasilnya, terdapat lima e-commerce besar, seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Zalora.

Selain Harbolnas, terdapat beberapa festival diskon lain di Indonesia, seperti Black Friday, Cyber Monday, 11.11, 10.10, dan JGOS. Namun di antara festival belanja ini, Harbolnas masih menjadi yang terfavorit.

;
Loading