Sukses

Lifestyle

5 Hal Yang Perlu Dipangkas Untuk Meringankan Hidup dan Menebalkan Dompetmu

Mengelola keuangan, dua kata yang seringkali kita dengarkan sejak kecil hingga dewasa. Memang, urusan pengelolaan uang ini bisa jadi lebih sulit ketimbang mendapatkannya. Salah langkah, gaji yang kita dapatkan takkan berbuah apa-apa dan menguap begitu saja tanpa disadari.

Itulah mengapa pengelolaan uang sangat penting dilakukan. Selain berinvestasi, yang tak kalah penting adalah memilah-milah mana yang penting dibeli, mana yang tidak. Mana yang perlu dipangkas, mana yang perlu dilanjutkan berlangganan. Walau tak sama pada setiap orang, tetapi hal-hal berikut ini perlu kamu pertimbangkan ulang biayanya:

Mobil

Perawatan mobil bisa dibilang cukup tinggi untuk saat ini. Mulai dari biaya perawatan hingga pajak tahunannya. Apalagi untuk mobil-mobil keluaran baru. Ini belum termasuk pengeluaran untuk parkir tiap hari dan bahan bakarnya.

Kamu bisa pertimbangkan lagi rencana membeli mobil maupun menjualnya. Jika sehari-hari kamu menggunakan mobil hanya untuk dari rumah ke kantor atau hanya untuk mobilitas terbatas, biaya akan jauh lebih murah jika kamu naik transportasi umum atau transportasi online. Kamu pun tak perlu dipusingkan lagi soal tetek-bengek mobil yang menguras tabungan tiap tahunnya.

Perawatan rambut

Urusan rambut adalah personal, tetapi jika boleh menyarankan, rambut pendek jauh lebih hemat perawatannya ketimbang rambut panjang. Rambut panjang perlu dirawat dengan banyak produk karena lebih rentan kerusakan. Memotong rambut lebih pendek di atas bahu akan mengurangi pemakaian produk perawatan rambut lho.

Make up

Bereksperimen dengan make up memang menyenangkan. Namun jangan terjebak karenanya. Sebetulnya kamu hanya memerlukan beberapa produk saja, dengan warna-warna tertentu yang kamu sukai. Membeli banyak palet eyeshadow, dengan macam-macam warna ... apakah semuanya akan terpakai? Tentu tidak, kecuali kamu adalah make up artist. Pertimbangkan baik-baik, apakah make up yang kamu beli akan kamu pakai seterusnya, atau hanya karena korban lapar mata?

Berlangganan gym, Netflix, Spotify atau pun layanan berbayar lainnya

Mungkin terlihat tak seberapa, tetapi layanan berbayar ini sebetulnya bukanlah hal yang essensial dalam keseharian kita. Apalagi jika kita sendiri jarang menggunakannya. Justru hanya membuang-buang uang saja.

Paket data internet

Pertimbangkan lagi kebutuhan berlangganan paket data internet hingga ratusan ribu. Paket langganan data internet untuk smartphone memang tak begitu mahal ... tetapi jika kamu kebablasan menggunakannya di luar paket tanpa disadari, maka tagihan pun mencekik. Gunakan saja wifi atau berlangganan paket internet unlimited. Atau mungkin tertarik mencoba berdiet social media? Tentu ini akan menghemat paket data internetmu.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu pangkas untuk meringankan hidup dan pengeluaranmu. Punya saran atau pengalaman lainnya? Share yuk di kolom komentar di bawah ini.

(vem/wnd)
;
Loading