Sukses

Lifestyle

5 Cara untuk Bisa Mencintai Kembali Pekerjaanmu

Kebanyakan orang akan mencintai pekerjaan yang dimilikinya karena merasa cocok dengan passion maupun lingkungannya. Seperti sebuah hubungan, pekerjaan juga butuh penyesuaian serta melihat kemajuan dan kekurangan saat melakukan hal tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, mungkin kamu akan merasakan kegiatan yang monoton dalam pekerjaanmu.

Pekerjaan yang terus menerus dan melakukan hal yang sama setiap hari, akan membuatmu gampang bosan dan merasa tak termotivasi. Bagimu rasanya selalu merasa kurang saat kamu telah berusaha dalam pekerjaanmu. Sebelum menganggap pekerjaanmu membosankan, ada kalanya coba untuk lakukan beberapa hal ini.

1. Belajarlah suatu hal yang baru

Pekerjaan kantoran biasanya melakukan hal yang sama setiap hari. Jika kamu merasa sudah mulai bosan, cobalah melakukan hal yang belum pernah dilakukan. Kalau mau, kamu bisa coba mendiskusikan dengan bosmu agar bisa pindah pada bagian yang membuatmu tertarik untuk bekerja dan lihatlah perkembangan yang terjadi saat kamu mencoba suatu hal yang baru.

2. Buatlah perubahan sekecil apapun

Terkadang melakukan perubahan sekecil apapun akan bisa membuat dampak besar padamu lho! Jika kamu terbiasa berangkat ke kantor pada pukul 9 sampai 5 sore, cobalah sesekali mencoba untuk datang lebih awal ataupun datang di menit terakhir jam masuk kerja. Selain itu, kamu bisa melakukan hobimu terlebih dahulu sebelum bekerja seperti jogging ataupun memasak. Hal ini tentunya akan sangat membantu untuk merasa enjoy.

3. Carilah kesempatan yang menguntungkan

Apakah kamu pernah menemukan kesempatan dalam setiap pekerjaanmu? Kesempatan yang di sini tidak hanya kenaikan gaji, tapi kamu bisa melihat keuntungan apa yang bisa kamu dapatkan dalam pekerjaanmu. Seperti apakah perusahaanmu punya program pelatihan karyawan tentang pensiun ataupun perencanaan keuangan. Terkadang tanpa disadari kamu hanya fokus pada tugasmu saja, tanpa melihat kesempatan yang ada.

4. Jangan lupa lakukan hal yang kamu sukai

Kamu bisa saja menemukan tugas pekerjaan yang bisa membuatmu senang. Cobalah untuk mendiskusikan dengan managermu apakah kamu bisa mendapatkan lebih tugas yang kamu sukai. Dengan melakukan suatu hal yang kamu sukai, kamu tidak akan merasa terpaksa dan pesimis dalam pekerjaanmu

5. Lihatlah kembali perjalanan karirmu

Ketika kamu merasa capek dan bosan karena merasa pekerjaan yang itu-itu saja selama tiap hari, ada baiknya cobalah bernostalgia saat pertama kali kamu melamar pekerjaan tersebut. Ingatlah saat kamu bersemangat saat datang ke kantor untuk pertama kali. Cobalah merefleksikan diri apa yang sudah kamu dapatkan selama bekerja di sana, seperti apakah kamu sudah berkembang menjadi orang yang lebih baik lagi atau tidak.

Perspektif yang berbeda akan membuatmu selalu tertarik untuk belajar hal baru dalam pekerjaanmu. Itulah cara terbaik untuk bisa lebih mencintai pekerjaanmu. Selamat mencoba!

(vem/mgg)
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Karakter yang Dapat Mendukung Kesuksesan Karir
Artikel Selanjutnya
Ingin Mengubah Karier di Usia 30an? Simak Ini Dulu