Sukses

Lifestyle

Cara Cerdas Menyimpan Beras Agar Tidak Berkutu dan Berjamur

Fimela.com, Jakarta Secara umum, makanan pokok kita sehari-hari adalah nasi. Dan nasi sendiri terbuat dari beras. Karena nasi sebagai makanan pokok, tidak jarang kita akan membeli beras dalam jumlah banyak dan menyimpannya untuk kemudian ditanak atau dimasak.

Saat menyimpan beras, tidak jarang kita akan menyimpan beras untuk makanan pokok selama 1 bulan ke depan bahkan lebih. Bagi yang punya sawah sendiri, beras yang disimpan bisa saja lebih banyak dan untuk waktu berbulan-bulan ke depan.

Bicara mengenai penyimpanan beras, asal kita tahu bahwa beras yang disimpan terlalu lama bisa ditumbuhi kutu dan berjamur. Apalagi, jika kebersihkan tempat penyimpanan beras ini tidak diperhatikan dengan baik. Lantas, bagaimana cara menyimpan beras dalam waktu lama tanpa berkutu dan berjamur?

Untuk menyimpan beras agar tidak berkutu dan berjamur, caranya cukup mudah. Tambahkan sedikit bubuk kopi yang dibungkus plastik kemudian plastiknya dilubangi sedikit saja. Aroma kopi sangat tidak disukai oleh kutu beras. Selain bubuk kopi, kita juga bisa menambahkan bawang putih, bawang merah dan daun jeruk purut ke tempat penyimpanan beras.

Saat membeli beras, pastikan bahwa beras berkualitas bagus dan bebas kutu. Sedangkan saat menyimpan beras, pilihlah tempat penyimpanan yang kering dan bersih. Sebaiknya pilih wadah penyimpanan yang terbuat dari plastik atau atom dan tertutup rapat. Beras yang disimpan di tempat lembab akan rentan berjamur juga ditumbuhi kutu.

Jadi Sahabat Fimela, itulah cara menyimpan beras agar tidak berkutu dan berjamur. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membersihkan Rumah Usai Banjir Jakarta Surut
Artikel Selanjutnya
Tips Menyimpan Nasi Kuning Agar Awet Tak Mudah Basi