Sukses

Lifestyle

Untuk Membedakan Madu Murni dan Campuran, Begini Caranya!

Fimela.com, Jakarta Madu merupakan bahan makanan yang kaya akan manfaat buat kesehatan. Madu juga menjadi salah satu obat alami untuk berbagai jenis penyakit. Madu juga bisa dimanfaat untuk campuran berbagai macam masakan dan camilan. Tak heran, jika banyak orang yang selalu menyimpan madu di rumahnya.

Bicara mengenai madu, sayangnya saat ini madu yang diperjual belikan di pasaran sulit dijamin kemurniaannya. Tidak sedikit madu di pasaran yang dicampur dengan gula atau bahan lain agar rasanya makin manis, warnanya makin meyakinkan dan aromanya makin wangi. Jika tidak pandai dalam memilih madu di pasaran, tentunya kita akan merugi Sahabat Fimela. Alih-adlih dapatkan madu yang sehat, madu yang didapatkan justru berbahaya buat kesehatan.

Untuk membedakan madu murni dan campuran, berikut caranya.

Warna Madu

Madu murni umumnya warnanya lebih keruh. Warna madu murni juga lebih pekat karena adanya sisa-sisa serbuk sari atau sarang lebah yang tidak tersaring dengan baik. Sedangkan untuk warna madu campuran, warnanya lebih jenih atau bening. Ini karena adanya campuran air dan gula di dalamnya.

Uji Beku Madu

Untuk melihat madu itu murni atau tidak, coba letakkan madu di dalam freezer lemari es. Caranya sangat mudah, ambil satu sendok madu, letakkan di wadah dan masukkan ke freezer. Untuk madu murni, madu ini tak akan membeku saat diletakkan di freezer dalam waktu 20 sampai 30 menit. Tapi jika madu itu campurna, kemungkinan besar madu tersebut mengandung campuran air atau gula.

Larutkan Madu

Saat melarutkan madu ke dalam air putih, madu murni akan membutuhkan waktu lebih lama buat larut. Madu murni akan terpisah dari air seperti minyak. Sedangkan madu campuran, saat dicampur dengan air ia akan larut secara cepat dengan sendirinya.

Teteskan Madu di Kertas

Saat diteteskan di kertas, madu asli tidak akan meresap ke kertas. Ini karena madu murni sangat kental dan mengandung air yang sedikit. Sebaliknya, madu campuran akan mudah meresap jika diteteskan di kertas. Bahkan, madu campuran dengan kandungan air berlebih akan membuat kertas rentan bolong atau rusak.

Itulah cara membedakan madu murni dan campuran. Semoga setelah ini kita tidak tertipu saat membeli madu ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading