Sukses

Lifestyle

Ini Perbedaan Daun Jeruk dan Daun Salam Pada Masakan Indonesia

Fimela.com, Jakarta Masakan Indonesia dikenal sebagai masakan yang memiliki aroma dan rasa khas menggugah selera. Kelezatan setiap masakan Indonesia tentunya tak lepas dari bumbu-bumbu yang digunakan di dalamnya.

Untuk membuat masakan Indonesia terasa makin lezat dan aromanya menggugah selera, adanya tambahan bumbu daun jeruk dan daun salam menjadi salah satu rahasianya. Masakan yang biasanya menggunakan bumbu tambahan daun jeruk dan daun salam antara laina dalah soto, rawon, gulai dan masakan berkuah sejenisnya.

Oh iya, bicara mengenai daun jeruk dan daun salam, Sahabat Fimela sudah bisa membedakan kedua daun ini? Agar tidak salah membedakan antara daun jeruk dan daun salam, yang perlu diperhatikan adalah bentuk daun, warna daun, aroma dan manfaat untuk masakan.

Bentuk, Warna dan Aroma

Mengenai bentuk, umumnya daun jeruk purut atau jeruk bumbu berbentuk oval seperti telur dan daunnya lebih kecil. Bentuk daun jeruk juga seperti angkat 8 yang penuh di bagian tengahnya. Sedangkan untuk daun salam, bentuknya lebih lonjong dan memanjang seperti daun jambu air.

Warna daun jeruk terlihat lebih segar dan mengkilat. Semakin tua usia daun jeruk, maka warnanya akan semakin hijau gelap. Sedangkan warna daun salam, warnanya lebih hijau namun tidak mengkilap. Untuk aroma, kedua daun ini memiliki aroma yang sama-sama wangi. Jika daun jeruk aromanya lebih menyengat dan segar seperti kulit jeruk. Sedangkan untuk daun salam warnanya lebih khas dan cenderung lebih wangi lembut.

Penggunaan Dalam Masakan

Untuk daun jeruk, biasanya daun ini digunakan untuk bumbu masakan bersantan seperti gulai, rendang, olahan tempe kripik, bumbu sambal pecel dan masakan lain yang berbau khas daun jeruk. Sedangkan daun salam, biasanya daun ini digunakan sebagai bumbu masakan seperti soto, pepes, botok, olahan sayur kari dan opor.

Nah Sahabat Fimela, itulah perbedaan daun jeruk dan daun salam. Jangan sampai salah lagi untuk membedakan kedua daun ini dan menggunakannya sebagai bumbu masakan ya? Perlu kita tahu, kedua daun ini tidak jarang digunakan sebagai bumbu di masakan yang sama seperti halnya soto kuah bening.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tanda Kematian Akan Menjemput