Sukses

Lifestyle

4 Tips Memakai Ragi agar Adonan Roti Tidak Gagal

Fimela.com, Jakarta Proses membuat adonan roti dan kue terkadang bikin deg-degan. Khawatir adonan tidak mengembang. Takut adonan malah jadi keras dan bantat. Agar berhasil membuat adonan roti yang mengembang, salah satu kuncinya adalah penggunaan ragi yang tepat.

Dalam memakai atau menggunakan ragi, ada sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan. Setidaknya ada empat tips paling dasar yang perlu diikuti untuk memastikan agar adonan roti tidak gagal. Selengkapnya, yuk simak keterangannya di sini.

1. Gunakan Ragi yang Masih Aktif

Ragi yang tidak disimpan dengan baik bisa rusak dan tak bisa dipakai. Kalau kita menggunakan ragi yang sudah rusak ini, nantinya adonan roti bisa gagal. Jadi penting untuk menggunakan ragi yang masih aktif. Bagaimana cara mengetahui ragi masih aktif? Caranya cukup mudah. Tinggal siapkan air hangat pada gelas atau mangkuk kecil, lalu masukkan ragi sesuai takaran resep. Lalu aduk hingga larut. Diamkan beberapa saat. Kalau muncul gelembung-gelembung udara di permukaan larutan, maka itu tanda bahwa ragi masih aktif dan bisa digunakan.

2. Tutup Mangkuk Berisi Adonan dengan Kain

Ragi bisa bekerja efektif dalam suhu hangat. Ketika adonan sudah selesai diuleni kemudian didiamkan agar mengembang, kita perlu menutup mangkuk berisi adonan dengan kain basah atau plastic wrap. Bisa juga diletakkan dengan agak didekatkan pada kompor yang menyala.

3. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Garam

Kita bisa menambahkan sedikti garam sebelum adonan diuleni. Tapi jangan sampi takaran garam terlalu mendominasi karena bisa membuat kerja ragi jadi lebih lambat. Kalau menggunakan susu cair, bila memungkinkan bisa diganti dengan susu bubuk. Sedangkan mentega bisa diganti dengan margarin.

4. Hindari over proofing

Proses mendiamkan adonan agar mengembang (proofing) sebaiknya sesuaikan dengan waktu yang disarankan pada resep. Biasanya butuh waktu maksimal 1 jam agar adonan mengembang sempurna. Tapi kalau didiamkan untuk mengembang terlalu lama (over proofing) nantinya adonan bisa kempis karena ragi sudah mati. Selain itu, adonan yang over proofing ini bila dipanggang hasilnya bisa jadi keras dan bantat.

Semoga info menggunakan ragi ini bisa membantu kita membuat adonan kue dan roti yang enak, ya. Sekarangs saatnya untuk praktik langsung di dapur.

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim