Sukses

Lifestyle

Alasan Olahraga Dapat Meningkatkan Kreativitas

Fimela.com, Jakarta Sering melakukan olahraga? Banyak orang mengklaim bahwa olahraga dapat meningkatkan kreativitas seseorang, namun benarkah?

Dilansir dari brit.co, Jumat (28/12/2018), olahraga dalam bentuk apapun sebenarnya dapat merangsang sesuatu yang disebut sebagai BDNF di otak. BDNF adalah singkatan dari Brain Derived Neurotrophic Factor.

BDNF berperan dalam pembelajaran, memori, dan kesehatan mental seseorang. Menurut penelitian yang terus berkembang sejak tahun 1982, ditemukan bahwa BDNF membantu menjaga otak agar tetap segar dan muda.

Hal ini menargetkan hippocampus, bagian dari otak yang membantu untuk berpikir ke depan, belajar, dan kreatif. Semakin sering melakukan olahraga, semakin banyak pertumbuhan sel baru yang ada di sana, dan semakin banyak BDNF yang dihasilkan.

 

Olahraga dapat meningkatkan kreativitas seseorang

Olahraga adalah aktivitas yang memungkinkan tubuh melakukan tugas fisik. Olahraga membiarkan kesadaran dirangsang oleh aktivitas fisik, membiarkan otak beristirahat.

Kunci untuk memanfaatkan BDNF untuk kreativitas adalah dengan mengatur waktu olahraga sejalan dengan sesi kerja kreatif. Beri jarak waktu setidaknya tiga jam antara selesai olahraga dan melakukan aktivitas kreatif.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa BDNF meningkat seiring dengan margin yang lebih besar ketika intensitas olahraga yang juga meningkat. Perlu memanfaatkan kreativitas di tempat kerja?

Tingkatkan detak jantung di pagi hari, akan membuat otak berfungsi lebih baik setelahnya. Jika kreativitas dibutuhkan untuk aktivitas hobi, maka lakukan olahraga di jam bebas setelah bekerja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading