Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Lifestyle

Mengapa Tak Disarankan Membersihkan Miss V dengan Sabun Mandi?

Fimela.com, Jakarta Selama ini banyak perempuan menganggap bahwa membersihkan Miss V dengan sabun saat mandi akan membuatnya bersih. Sebenarnya hal ini sangat tidak disarankan oleh para ahli. Membersihkan vagina dengan sabun mandi biasa akan membahayakannya. Sabun mandi biasa bisa bikin vagina terkena infeksi, iritasi bahkan bacterial vaginosis.

Sabun bersifat basa, sedangkan lingkungan vagina asam. Membersihkan vagina dengan sabun bisa mengganggu keseimbangan flora. Untuk area Miss V bagian luar memang tidak terlalu masalah bila dibersihkan dengan sabun, tapi tetap jangan sembarangan.

Sebaiknya memilih sabun dengan pH asam, mengandung bahan alami, dan tidak mengiritasi. Menggunakan sabun biasa hanya akan membuat pH tidak seimbang dan berpengaruh terhadap vagina.

Miss V adalah bagian tubuh yang punya bakteri paling banyak setelah usus. Jadi, di area sekitar Miss V terdapat banyak bakteri. Meski dikelilingi bakteri tak perlu khawatir, sebab bakteri ini tidak berbahaya bagi Miss V dan justru berperan dalam melindungi serta menjaga kesehatannya. Saat menggunakan sabun biasa, bakteri ini akan mati dan Miss V tak akan punya pelindung untuk mencegah infeksi karena bakteri yang jahat.

Vagina sebetulnya memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sendiri. Namun bukan berarti kita tidak membersihkannya. Yang perlu diingat adalah hindari membersihkan daerah dalam vagina dengan sabun, tapi daerah luarnya tetap wajib dibersihkan secara rutin ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Gejala Otot Vagina Mengendur, dan Begini Solusinya
Artikel Selanjutnya
Celana Dalam Seperti Ini yang Paling Baik Menjaga Kesehatan Vagina