Sukses

Lifestyle

Presiden Jokowi Dukung Kemajuan UMKM Indonesia di Perayaan Ulang Tahun Bukalapak Ke-9

 

Fimela.com, Jakarta Presiden Joko Widodo mengungkapkan jumlah saha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia sebanyak 56 juta. Hal tersebut disampaikan pada saat dia menghadiri perayaan ulang tahun Bukalapak yang ke-9 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, pada Kamis (10/1/2019) kemarin. 

Jokowi juga membicarakan masalah-masalah yang dihadapi para UMKM Indonesia, terutama yang berkaitan dengan teknologi. Dalam sambutannya tersebut, Jokowi yang turut hadir untuk memberikan dukungan terhadap kemajuan usaha kecil di Indonesia, meyebutkan beberapa tantangan yang dihadapi UMKM. 

"UMKM di Indonesia ada 56 juta, jumlah yang sangat besar. Ada banyak masalah seperti bagaimana membuat brand dan desain sesuai pasar. Bagaimana membuat pasar agar menarik pembeli. Dan persoalan lain yang menyangkut pasar serta aset." 

Namun, Jokowi melanjutkan, masalah tersebut akan terselesaikan jika swasta dan pemerintah bekerja sama. Menurutnya, peluang untuk saling bekerja sama ini terbuka berkat hadirnya Bukalapak. Ketersambungan antara ekosistem online dengan offline juga dipandang Kepala Negara sebagai salah satu kekuatan besar untuk mengembangkan usaha kecil. 

 

Di hari ulang tahunnya, Bukalapak juga memperkenalkan Mitra Bukalapak yang merupakan wadah bagi para pemilik usaha kecil, termasuk warung, untuk naik kelas dengan adanya akses untuk terhubung dengan teknologi. Aplikasi Mitra Bukalapak memiliki berbagai fitur, antara lain, ‘Warung Terdekat’, Call Order Delivery (COD) yang memungkinkan pemilik warung untuk memesan stok barang dagangannya melalui aplikasi untuk langsung diantar ke warung, serta layanan ‘Saldo Bantuan’.

Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky pun mengatakan Mitra Bukalapak merupakan wujud komitmen Bukalapak untuk terus memberdayakan pelaku usaha di Indonesia. 

"kami mengalokasikan 1 Triliun Rupiah untuk membesarkan warung dari segi pengembangan teknologi dan logistik, agar pengiriman logistik dapat lebih cepat, serta harga di warung juga lebih efisien. Disamping itu juga untuk perbaikan tampilan dan branding Mitra Bukalapak. Semua ini demi mewujudkan warung atau Mitra Bukalapak naik kelas," katanya saat memberi kata sambutan. 

Artikel Selanjutnya
Selamat! Iklan Kampanye Jokowi Raih Piala Citra Pariwara
Artikel Selanjutnya
Kampanye Dukung Jokowi, Relawan Pertiwi Gelar Tari Massal
: