Sukses

Lifestyle

Jelajah Suku Tengger Lewat Kekayaan Kuliner dan Presentasi Visual Penuh Cerita

Fimela.com, Jakarta Som Chai kembali menggelar agenda rutin mereka bertajuk "A Culinary Journey through Tribal Lands" Kali ini, kekayaan budaya Jawa dengan mengangkat Suku Tengger akan menjadikan malam kamu kaya cerita.

Will Meyrick dan Ben McRae akan menyajikan menu yang diperoleh dari suku Jawa yang paling dihormati dan sarat akan nuansa magis yaitu Suku Tengger. Dikatakan bahwa suku ini adalah keturunan langsung kerajaan Majapahit yang menguasai wilayah Jawa Timur, tepatnya di sekitar Gunung Bromo yang disucikan oleh Suku Tengger.

Suku ini memiliki karakteristik orang-orang yang tangguh dan masih melestarikan budaya mereka hingga saat ini dengan menggelar festival, pertemuan suku, dan pernikahan yang sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.

Agama yang dianut oleh Suku Tengger juga beragam, yaitu Budha, Hindu dan memahami kepercayaan Animisme. Kepercayaan kuno akan leluhur dan budaya sudah mendarah daging hingga kini. Budaya dan kepercayaan serta tradisi yang masih dilestarikan diangkat ke dalam tema Tribal Lands kali ini.

Jelajah Suku Tengger Lewat Kekayaan Kuliner dan Presentasi Visual Penuh Cerita

Untuk menu makan malam, kuliner ini ajak menjadi ajang menjelajah hidangan khusus yang ditemukan di daerah Malang dan Surabaya dan dikaitkan dengan kepercayaan Suku Tengger. Riset pun dilakukan oleh Will Meyrick dengan menjelajah langsung daerah tersebut. Ia melakukan perjalanan berhari-hari melalui topografi vulkanik, melihat hasil panen, ternak, dan menciptakan makanan yang luar biasa dengan bumbu yang kaya dan disajikan dengan nasi aron, nasi kuning, dan elemen khas lainnya.

Pameran visual

Untuk pmeran visual, jepretan karya David Metcalf yang merupakan seorang fotografer dan pemandu terkenal akan memamerkan koleksi potret kebudayaan Suku Tengger. Bahkan, dirinya juga paham dan memiliki pengetahuan yang dalam akan budaya Indonesia. David memiliki misi untuk menciptakan hubungan komunikatif dan suportif untuk mengabadikan budaya Indonesia lewat gambar dan pendekatan langsung agar kekayaan Indonesia tetap terjaga dan dapat dilestarikan sepanjang masa.

Acara

Event ini dirancang untuk memginsipirasi dan memperkaya pengetahuan akan budaya multidimensi yang dimula dari abad ke abad. Malam tersebut akan membawa kita merasakan bagaimana perjalanan suatu budya lewat sajian kuliner khas dan elemen apapun yang bisa membangkitkan kita untuk mencitai dan merasakan menjadi bagian dari sejarah budaya tersebut.

Gelaran ini akan dilangsungkan di Som Chai pada tanggal 16 Februari 2019 jam 7 malam. Untuk tiket dijual seharga Rp700.000 Nett, dan 15% akan didonasikan pada Handep Haruei Foundation.

Pemesanan bisa melalui:

Telepon: 0878 8866 1945

Website: https://cho.pe/theTenggeresePeople

Loading