Sukses

Lifestyle

Trik Berfoto Saat Solo Traveling

Fimela.com, Jakarta Melakukan traveling sendiri akan membuat pengalaman yang tidak terlupakan. Traveling seorang diri juga akan membuat seseorang merdeka memutuskan ke mana dan ingin melakukan apa. Untuk mengabadikan momen bersejarah itu, memotret adalah salah satu agenda wajibnya.

Ingat, walaupun berpelesir seorang diri, tetap bisa memotret dengan baik. Ada beberapa trik memotret yang baik ketika traveling sendirian seperti yang dilansir Awol.com.

1. Membawa kamera multi fungsi

Kamera berkualitas tinggi adalah investasi terbaik bagi wisatawan yang gemar memotret. Sistem kamera compact, juga dikenal sebagai kamera mirrorless, menawarkan fitur yang sama dengan kamera digital SLR.

Kelebihan kamera mirrorless lebih ringan dibandingkan kamera digital SLR. Selain itu, bawalah kamera yang menggunakan Wi-Fi agar dapat langsung mengunggahnya ke media sosial.

2. Membawa Tripod

Tempatkan kamera di suatu tempat dengan jarak yang cukup untuk memperlihatkan pemandangan di belakang. Dan, menggunakan timer atau remote.

Jika ingin berfoto dengan pemandangan bukit, tepian ,atau bahkan pohon yang besar, gunakanlah tripod portabel untuk mendapatkan framing yang baik. Lebih bagus lagi jika kamera memiliki koneksi Wi-Fi, sehingga bisa dikendalikan lewat ponsel pintar.

3. Meminta bantuan orang lain

Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain untuk mengambil fotomu.

4. Foto bercerita

Ada hal-hal penting untuk dipertimbangkan tentang komposisi sebuah foto. Ia akan menjadi lebih indah ketika ada cerita di dalamnya. Sebagai contoh mengambil foto dari sebuah bangunan yang berwarna-warni dengan tambahan penduduk lokal yang melintas, akan menjadi lebih menarik dibanding hanya foto selfie di depan bangunan yang sama.

5. Masukan karakter

Foto pemandangan itu indah, tapi imaji yang berisi manusia di dalamnya akan lebih berkarisma. Sahabat Fimela bisa melakukan ini dengan mengambil sudut over-the-shoulder. Karena wisatawan yang cerdas harus berpikir di mana mereka akan menempatkan diri di dalam frame.

6. Pencahayaan

Cahaya alami adalah salah satu "teman" dan salah satu hal yang harus diperhatikan. Jika memotret di bawah sinar matahari yang terang sekali, cobalah untuk mengambil objek di tempat yang lebih teduh.

7. Perhatikan sudut pandang 

Mengubah sudut saat memotret adalah salah satu cara paling sederhana menjadikan foto menarik. Pikirkan lensa adalah mata, dapatkan posisi yang tinggi dari penglihatan, tempatkan kameradi bawah untuk mengambil gambar pemandangan. Gunaakan zoom untuk mendekatkan objek.

8. Edit

Foto travelling biasanya diambil di luar ruangan. Namun jangan lupakan editing agar menjadikan fotomu lebih baik lagi

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Alasan Ilmiah Traveling Bisa Buat Kamu Jauh Lebih Sehat
Artikel Selanjutnya
Menjelajah Pameran Aksesori Traveling yang Membawa Nuansa New York ke Indonesia