Sukses

Lifestyle

6 Dedaunan yang Umum Dipakai Sebagai Bumbu Dapur di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Seperti yang kita tahu, ada banyak masakan Indonesia yang memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Masakan Indonesia juga memiliki aroma yang sedap karena banyaknya bumbu rempah yang digunakan di dalamnya. Bumbu rempah di Indonesia tak hanya bumbu rempah rimpang, biji-bijian atau buah-buahan saja, melainkan juga dedaunan.

Ada beragam daun aromatik yang biasa dijadikan bumbu masakan demi dapatkan masakan lezat menggugah selera. Daun tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Daun Jeruk Purut

Daun jeruk purut adalah daun yang paling umum digunakan untuk bumbu masakan. Daun jeruk purut akan memberi aroma sedap dan wangi pada setiap masakan. Daun jeruk juga bermanfaat meminimalisir bau amis pada masakan ikan atau daging.

2. Daun Salam

Daun selanjutnya yang paling umum digunakan untuk bumbu masakan adalah daun salam. Daun salam memiliki aroma wangi yang khas dan biasanya dijadikan bumbu masakan sop, soto atau berkuah lainnya. Tak hanya memberi rasa dan aroma sedap pada masakan, daun salam juga bisa menghilangkan aroma amis pada ikan.

3. Daun Serai (Batang Serai)

Daun ini memiliki aroma menyengat yang sedap dan wangi. Daun atau batang serai tak hanya sebagai bumbu masakan agar rasa dan aroma makin sedap tetapi juga sering digunakan sebagai bahan membuat sambal. Sambal dari batang serai disebut sambal serai khas Bali. Daun atau batang serai ini juga digunakan sebagai batang sate khas Bali yakni sate lilit.

Daun Seledri dan Dua Lainnya

4. Daun Bawang

Daun selanjutnya yang umum dipakai bumbu dapur adalah daun bawang. Daun bawang memiliki aroma yang wangi dan sedap. Biasanya, daun bawang digunkan untuk menambah aroma sedap pada masakan sop, soto, kuah bakso maupun sebagai campuran adonan gorengan dan telur dadar.

5. Daun Kemangi

Daun selanjutnya yang memiliki aroma wangi dan sedap adalah daun kemangi. Selain sebagai bumbu masakan, daun kemangi juga biasa digunakan sebagai lalapan. Beberapa masakan yang menggunakan daun kemangi di dalamnya adalah sup ikan, pepes, sayur bening bayam dan sejenisnya.

6. Daun Ketumbar

Daun ketumbar juga menjadi daun beraroma sedap untuk bumbu masakan. Daun ketumbar juga disebut juga sebagai daun seledri. Daun ini memiliki wangi yang khas dan biasa digunakan untuk bumbu masakan sup ikan, sayur bening, sayur sop juga masakan berkuah lainnya.

Itulah beberapa dedaunan yang umum dipakai sebagai bumbu dapur atau masakan di Indonesia. Selain daun di atas, ada lain yang juga digunakan untuk bumbu masakan. Daun tersebut adalah daun temu kunci, daun kunyit, daun kari dan masih banyak lagi.

 

Loading