Sukses

Lifestyle

4 Amalan yang Tetap Bisa Dilakukan saat Haid di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa. Berbagai macam ibadah yang kita lakukan bisa diganjar pahala berkali-kali lipat lebih besar dari biasanya. Menunaikan ibadah puasa satu bulan penuh pun jadi kenikmatan sendiri.

Tapi tak bisa dipungkiri bahwa ada golongan yang justru tidak boleh berpuasa, salah satunya adalah perempuan yang sedang haid. Sebagian dari kita mungkin merasa sedih ketika haid di bulan Ramadan karena tidak bisa berpuasa dan kehilangan kesempatan mendapat pahala besar. Meski begitu, kita tak perlu berkecil hati. Kenapa? Sebab ada sejumlah amalan yang tetap bisa kita lakukan saat sedang haid di bulan Ramadan.

1. Memperbanyak Zikir dan Doa di Bulan Ramadan

Seperti yang dikutip dari blog.mizanstore.com, para fuqoha sepakat bahwa tiga bentuk ibadah, yaitu istighfar, zikir, dan doa tidak disyaratkan yang melakukannya harus dalam keadaan suci dari hadas baik hadas besar maupun hadas kecil. Perempuan yang sedang haid tak ada larangan untuk memperbanyak istighfar, zikir, dan doa sepanjang bulan Ramadan selama mampu. Tak perlu bersedih bila harus berutang puasa di bulan Ramadan sebab selama bulan Ramadan kesempatan kita untuk berzikir dan berdoa sangatlah luas. Memperbanyak ucapan tasbih, tahmid, dan takbir bisa kita jadikan amalan selama bulan Ramadan sekalipun sedang tidak bisa berpuasa.

2 dari 4 halaman

2. Menyiapkan dan Memberi Makan Orang yang Berbuka Puasa

Kita bisa bantu menyiapkan hidangan atau memberi makan orang yang berbuka puasa. Ada pahala tersendiri yang bisa kita dapatkan dari hal tersebut. Ada riwayat yang juga meyebutkan bahwa kita bisa mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa dengan memberi hidangan berbuka untuknya. Dari Zaid bin Khalid Al Juhani berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka, dia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun” (H.R. At-Tirmidzi)

3 dari 4 halaman

3. Memperbanyak Sedekah

Dilansir dari Hukum Puasa & Amalan bagi Wanita Haid di Bulan Ramadan via Tirto.id, diriwayatkan dari Ibnu Abbas, "Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, apalagi pada bulan Ramadan, ketika ditemui oleh Malaikat Jibril pada setiap malam pada bulan Ramadan, dan mengajaknya membaca dan mempelajari Alquran. Ketika ditemui Jibril, Rasulullah adalah lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan.” [Muttafaq ‘Alaih]

Kita bisa mencontoh teladan dan kedermawanan Rasulullah dengan memperbanyak sedekah di bulan Ramadan. Haid bukan halangan bagi seorang perempuan untuk melakukan banyak aktivitas sosial, seperti bersedekah. Sisihkan sebagian penghasilan dan rezeki yang kita peroleh untuk orang yang lebih membutuhkan, maka kita akan mendapat berkah tersendiri.

4. Menambah Pengetahuan

“Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut Ilmu, Niscaya Allah Subhanahu wa Ta’ala menunjukkan jalan menuju Surga Baginya”. (H.R. Muslim)

Di bulan Ramadan ini biasanya ada banyak kesempatan untuk menghadiri berbagai macam majelis ilmu. Kita bisa menambah ilmu dan pengetahuan sebanyak mungkin selama bulan Ramadan. Selain memperkaya ilmu dan wawasan, ternyata kita juga bisa mendapatkan berkah tersendiri. Yuk, tetap semangat mencari dan menambah banyak ilmu di bulan suci ini.

Haid bukan halangan bagi kita untuk tetap berbuat baik dan melakukan kegiatan sosial selama bulan Ramadan. Tak perlu bersedih dengan utang puasa, ya. Karena ada banyak amalan yang masih bisa kita lakukan selama bulan yang penuh berkah ini.

4 dari 4 halaman

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Puasa Ramadan Lancar Tanpa Gangguan Sakit Maag
Artikel Selanjutnya
Menu Makanan Sahur dan Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan Lambung, Menurut Ahli Gizi