Sukses

Lifestyle

Agar Bumbu Meresap Sempurna, Ini Tips Marinasi Daging Ayam

ringkasan

  • Pakai Bumbu Rempah Berkualitas
  • Daging Ayam Ditusuk-tusuk
  • Simpan dalam Kulkas

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara membuat olahan daging ayam yang sedap adalah dengan menggunakan bumbu marinasi. Daging ayam perlu diolesi atau direndam dalam bumbu selama beberapa saat sebelum dimasak. Tapi tahukah bahwa ada tips yang bisa dicoba untuk memastikan bumbu bisa lebih meresap sempurna?

Supaya olahan daging ayam dengan bumbu marinasi bisa lebih sedap, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Berikut ini empat tips dasar untuk membuat bumbu meresap lebih sempurna.

1. Pakai Bumbu Rempah Berkualitas

Saat ini memang kita bisa menggunakan bumbu jadi untuk bumbu marinasi. Tapi bila ingin hasil olahan lebih sedap dan lezat, sebaiknya gunakan bumbu rempah dengan cita rasa dan aroma yang segar. Bumbu rempah bisa kita ulek agar aromanya semakin kuat.

2. Daging Ayam Ditusuk-tusuk

Daging ayam yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong bisa kita tusuk-tusuk di beberapa bagiannya. Dengan begini, bumbu akan mudah meresap ke dalam serat daging. Kita bisa menggunakan garpu atau pisau untuk membuat beberapa tusukan atau sayatan pada daging.

 

3. Gunakan Wadah Tertutup

Daging ayam yang sudah diolesi atau direndam bumbu marinasi sebaiknya disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. Apalagi bila kita menggunakan bumbu marinasi yang cair (diberi tambahan air), maka penting untuk memastikan menggunakan wadah tertutup sebagai tempat untuk merendam atau mendiamkan daging ayam.

4. Simpan dalam Kulkas

Supaya bumbunya bisa makin meresap, kita bisa menyimpan daging ayam yang sudah diberi bumbu marinasi di dalam kulkas. Lama proses mendiamkan daging ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hanya saja pada umumnya, daging ayam cukup didiamkan selama maksimal dua jam saja dalam bumbu marinasi. Jika terlalu lama (apalagi bila bumbu yang kita gunakan mengandung asam), dikhawatirkan tekstur daging akan terlalu lunak atau lembek.

Daging ayam yang sudah dimarinasi bisa digoreng atau dipanggang sesuai selera. Tidak terlalu sulit untuk mengikuti tips ini, bukan? Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading