Sukses

Lifestyle

Kegunaan Air Kelapa dalam Mengolah Daging Ayam

ringkasan

  • Memberikan rasa manis yang alami
  • Menambah rasa sedap pada masakan
  • Menghilangkan bau amis

Fimela.com, Jakarta Ada banyak bahan makanan yang bukan hanya memberikan manfaat kesehatan tapi juga kenikmatan jika dijadikan bahan tambahan dalam mengolah daging ayam, seperti misalnya air kelapa. Meski memang daging kelapa lebih sering digunakan karena menghasilkan santan, namun ternyata air kelapa sendiri juga punya kegunaan dalam masakan.

1. Memberikan rasa manis alami

Meski rasa manisnya ringan, namun justru itulah yang menjadi kelebihan air kelapa, terutama dalam olahan makanan seperti ayam bacem atau ayam bumbu. Jika ingin memberikan rasa manis yang tidak mencolok atau mengurangi penggunaan dalam masakan, air kelapa adalah pilihan yang sangat baik.

2. Memberi rasa gurih

Air kelapa memiliki sifat umami alami, memberikan rasa gurih atau memperkaya citarasa makanan seperti pada masakan tumis, soto, kare,, ayam ukep dan lainnya. Air kelapa bisa jadi pengganti air tawar atau jernih.

Fungsi Air Kelapa dalam Masakan

3. Menambah kesedapan masakan

Karena memiliki rasa sedap dan gurih alami saat dipanaskan, air kelapa juga bisa memberikan aroma sedap yang menggugah selera pada masakan. Makanan jadi beraroma nikmat dengan paduan gurih dan manis seperti pada olahan kare ayam, opor, soto dan lainnya.

4. Menghilangkan bau amis

Daging cenderung memiliki bau yang amis atau tak sedap, merendam ayam di dalam air kelapa akan membantu menghilangkan baunya.

5. Mengempukkan

Untuk daging ayam kampung dagingnya cenderung alot, namun jika menambahkan air kelapa ketika diukep atau dimasak lama, membantu membuat daging empuk dan mudah dikunyah.

Itu dia sekian kegunaan air kelapa pada olahan daging yang ternyata sangat membantu masakan menjadi enak.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading