Sukses

Lifestyle

Dorong Kepemimpinan Perempuan di Industri Teknologi dengan Program Akselerator

Fimela.com, Jakarta Kepemimpinan para perempuan di berbagai bidang kini sudah tidak diragukan lagi. Tidak ada lagi diskriminasi gender, membuat para perempuan menunjukan performa terbaik mereka sebagai seorang pemimpin. Meski stigma sosial tentang pemimpin harus berasal dari kaum Adam masih melekat di telinga masyarakat, tetapi masih banyak kesempatan untuk menciptakan peluang yang setara.

Hal inilah yang akhirnya melatarbelakangi Gojek dalam membuka program akselerator Gojek Xcelerate batch 2 dalam mengembangka 10 startup terbaik karya perempuan dari Indonesia dan Asia Pasifik. SVP Product Management Gojek Dian Rosati mengatakan, program ini berfokus melatih startup yang dipimpin perempuan mengenai strategi penting dalam mengembangkan bisnis. 

“Gojek Xcelerate batch 2 berfokus melatih startup yang dipimpin perempuan mengenai strategi penting dalam mengembangkan bisnis, serta menghubungkan mereka dengan pemimpin perempuan sukses dari berbagai industri dan memberikan akses jejaring mentor dan investor yang satu visi.” ungkapnya.

Banyaknya tantangan bagi startup yang dipimpin oleh perempuan seringkali menjadikan mereka kesulitan dalam mengeksplorasi bisnis, terlebih startup yang dipimpin perempuan masih sering dianggap sebelah mata, seperti hasil riset PitchBook Data yang menyebutkan sejak tahun 2016, perusahaan dengan pemimpin perempuan hanya berhasil mendapatkan 4,4% dari total penawaran modal ventura. Dengan adanya Gojek Xcelerate diharapkan kesenjangan ini dapat diatasi.

Meningkatkan Partisipasi Perempuan di Industri Teknologi

Selain itu, seiring berkembangnya industri teknologi, ada pertumbuhan positif dari partisipasi perempuan di industri teknologi. Lewat kerjasamanya dengan Gojek inilah, Managing Director Digitaraya Nicole Yap berharap optimalisasi peran perempuan di industri teknologi akan mampu melahirkan startup-startup dengan talenta yang memiliki keahlian mendalam dan siap menciptakan ekosistem teknologi yang lebih inklusif bagi masyarakat luas.

Dengan semakin banyak inovasi yang ada, diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan sebuah bisnis. Terbukti, di Gojek sendiri banyak para pemimpin perempuan yang mengisi berbagai posisi dari product manager hingga engineer. Data internal Gojek menyebutkan, lebih dari 33% karyawan di level manajer ke atas di Gojek adalah perempuan.

Tidak hanya itu, banyak juga driver perempuan di Gojek. Untuk meningkatkan kepedulian tentang sexual harassment yang kerap kali terjadi di kalangan perempuan, membuat Gojek menyadari pentingnya pelatihan terhadap para pengemudi perempuan tentang keamanan di jalan, hingga cara menanggapi perilaku tidak senonoh atau hal buruk lainnya yang akan terjadi saat berkendara.

Partisipasi perempuan khususnya di sektor teknologi masih tergolong sedikit, sementara ekonomi digital di prediksi akan berkembang pesat di Indonesia dan Asia Tenggara dalam satu dekade ke depan. Melalui Gojek Xcelerate batch 2 ini diharapkan bisa mengakselerasi partisipasi perempuan di industri teknologi. (Iffah Nurahmah)

#Growfearless with FIMELA

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan lewat berbagai kelas menarik di Fimela Fest 2019. Yuk, daftarkan dirimu di sini!

;
Loading