Sukses

Lifestyle

Anak Pertama Ternyata Rentan Alami Penyakit Ini, Menurut Penelitian

Fimela.com, Jakarta Kesehatan bukan hanya ditentukan oleh kebiasaan sehari-hari atau gaya hidup yang dijalani setiap orang, tapi juga bisa ditentukan hal-hal lain yang tampaknya tak ada hubungannya sama sekali dengan kesehatan, seperti misalnya urutan lahir di dalam keluarga.

Seseorang bisa dilahirkan menjadi anak pertama, kedua atau terakhir. Tak banyak yang tahu bahwa ternyata urutan lahir bisa memprediksi kondisi kesehatan seseorang. Sebuah studi yang dilakukan di University of Auckland, New Zealand, menyebutkan bahwa anak pertama ternyata rentan mengalami hipertensi dan diabetes.

Penelitian yang menganalisis tes darah, berat badan dan komposisi tubuh dari 85 anak sehat dengan rentang usis 4-11 tahun ini menemukan bahwa anak-anak yang dilahirkan sebagai anak pertama memiliki sensitivitas hormon insulin yang rendah sehingga membuatnya rentan mengalami diabetes.

Anak Pertama Rentan Alami Diabetes dan Hipertensi

Selain itu, mereka juga memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibanding anak-anak yang dilahirkan sebagai anak kedua dan seterusnya.

Peneliti berasumsi bahwa perubahan yang terjadi di dalam rahim ibu saat kehamilan pertamanya dapat memengaruhi aliran nutrisi yang menyebabkan timbulnya perbedaan metabolisme pada saudara kandung yang dilahirkan berikutnya.

Secara psikologis, peneliti juga mengajukan teori bahwa anak pertama lebih seirng mengalami tekanan sehingga memiliki tekanan darah lebih tinggi dari adik-adiknya. Wah, jadi hati-hati dan jaga kesehatan jika kamu anak pertama ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Hidup Sehat untuk Melawan Diabetes bersama Orang Terdekat
Artikel Selanjutnya
Usia Paling Tepat Bagi Si Kecil untuk Deteksi Dini Diabetes