Sukses

Lifestyle

Kenapa Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi?

ringkasan

  • Pernahkah jantungmu berdebar sangat cepat dan kencang usai mengonsumsi kopi?
  • Kecepatan degub jantung ini disebabkan oleh kafein yang terkandung dalam kopi.
  • Bisa jadi, tubuhmu memiliki tingkat toleransi rendah terhadap kafein atau kamu yang mengonsumsi kafein terlalu banyak.

Fimela.com, Jakarta Bagi para pecinta kopi, menikmati minuman hitam berkafein setiap hari tidak pernah ada masalah. Bahkan, ada juga yang minum kopi beberapa gelas per hari tetapi tidak terjadi apa pun pada kesehatannya. 

Namun, buat kamu yang belum terbiasa minum kopi setiap hari atau justru terlalu banyak mengonsumsinya, degub jantung bisa tiba-tiba menjadi lebih cepat. Efek berdebar ini, tulis Halodoc, ternyata akibat tingginya kadar kafein yang kamu konsumsi. 

Halodoc juga menulis, kafein dalam kopi mampu menstimulasi sistem saraf pusat yang akan membuatmu merasa segar. Tetapi, jika tidak terbiasa atau terlalu banyak mengonsumsinya, kafein justru akan membuat jantung berdebar sangat kencang. 

Hal ini akan membuatmu gelisah dan waspada secara berlebihan. Selain itu, kandungan kafein juga bisa memicu pelepasan hormon adrenalin yang akan meningkatkan detak jantungmu. Lantas, berapa jumlah kafein atau kopi yang wajar kamu konsumsi untuk menghidari efek ini? 

Batasan Konsumsi Kopi

Menurut Priya Kathapal kepada the Health Site, tulis Halodoc, 400 miligram kafein atau seperempat cangkir kopi merupakan batasan kafein yang direkomendasikannya untuk mengontrol detak jantung agar tidak berdebar. 

Namun, setiap orang memiliki jumlah toleransi kafen yang berbeda. Jadi, jangan samakan Sahabat Fimela dengan orang lain, ya! kalau orang lain bisa mengonsumsi 5 gelas kopi per hari, kamu sebaiknya mengonsumsi kopi satu cangkir per hari saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

#Growfearless with FIMELA

;
Loading