Sukses

Lifestyle

Tips agar Daging Ikan Tidak Hancur saat Dibakar

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak ikan bakar sedniri di rumah, mungkin kamu akan kesal karena seringkali daging ikan rusak dan hancur saat dibakar. Belum lagi jika ikan yang dibakar lengket dengan alat pemanggang. Ternyata, memasak ikan bakar memang ada trik khusus agar daging ikan tidak hancur. Ini dia tips agar ikan tidak hancur saat dibakar.

1. Pilih ikan dengan kulit dan daging tebal

Hanya beberapa jenis ikan tertentu saja yang cocok dijadikan ikan bakar, seperti ikan bawal, kakap, atau gurami karena kulit dan dagingnya tebal sehingga tidak mudah hancur. Jika memilih ikan mujair, nila atau lele, tentu akan mudah hancur.

2. Bakar dulu tanpa bumbu

Jangan langsung membakar ikan dengan bumbunya, karena lebih rentan hangus dan hancur sebelum ikan matang benar. Untuk membuat permukaan badan ikan matang lebih dulu, bakar ikan tanpa bumbu, setelah itu oles ketika sudah setengah matang.

3. Oles minyak

Minyak akan membuat permukaan daging ikan tidak langsung terkena panas dan membuatnya licin sehingga tidak mudah menempel di alat pemanggang.

4. Jangan langsung terkena bara api

Sebelum membakar, jangan langsung menaruh ikan di atas bara api, alasi dengan alumunium foil atau daun pisang agar daging ikan tidak langsung hangus yang mengakibatkan hancur atau mudah menempel di alat penjapit.

5. Goreng dulu

Jika tetap ingin membakar ikan yang kulitnya tipis seperti ikan nila, lele atau bandeng, lebih baik digoreng dulu hingga permukaannya cukup kering sehingga ketika dibakar tidak akan mudah hancur.

Itu dia tips agar daging ikan tidak hancur ketika dibakar atau menempel di alat pemanggang.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Membuat Bawang Goreng yang Lebih Renyah
Artikel Selanjutnya
Tips agar Kerupuk Goreng bisa Mengembang Renyah