Sukses

Lifestyle

Ini 4 Tips agar Bakso Ikan Tidak Amis

Fimela.com, Jakarta Seringkali ketika membeli banyak ikan, kita bingung mau mengolahnya menjadi apa lagi selain digoreng, dibakar, dipanggang dan dipepes. Untuk ikan tertentu, daging ikan bisa diolah menjadi bakso ikan. Namun karena sifat alami ikan, terkadang bakso ikan hasilnya akan amis.

Untuk yang punya indra penciuman dan perasa yang sensitif, tentu rasa amis ini tak akan sangat mengganggu dan mengrangi kenikmatan bakso ikan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika tak ingin bakso ikan amis, ini dia tipsnya.

1. Cuci dengan air beras

Hilangkan lemak dan cuci bersih ikan. Pastikan menggunakan ikan yang segar, dan untuk menghilangkan bau amis ikan, cuci dengan air beras. Rendam selama 10 menit ikan yang sudah dicuci bersih dengan air beras, kemudian bilas bersih.

2. Rendam dengan jeruk nipis

Jika kebetulan punya banyak jeruk nipis di rumah, bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau amis ikan. Pastikan melumuri dan merendam ikan secara merata dengan jeruk nipis. Simpan di kulkas. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas bersih.

3. Rendam dengan belimbing sayur

Jika menggunakan belimbing sayur, blender halus dulu hingga menjadi jus, dan rendam ikan di dalam jus belimbing wuluh. Untuk menjaga kesegaran ikan, simpan di kulkas selama proses perendaman selama paling tidak 15 menit. Bilas bersih setelahnya.

4. Menambah banyak bumbu

Setelah melakukan salah satu cara di atas, pastikan membuat racikan bumbu yang bisa menyamarkan bau amis ikan seperti penambahan garam, merica, bawang putih dan sedikit jahe. Haluskan bumbu dan campurkan dengan adonan.

Itu dia cara menghilangkan bau amis saat membuat bakso ikan. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan di rumah ya, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading