Sukses

Lifestyle

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Tape Singkong dan Peuyeum

Fimela.com, Jakarta Sekilas tape singkong dan peuyeum terlihat sama. Kedua makanan ini juga sama-sama terbuat dari singkong atau ketela pohon yang difermentasi. Keduanya juga memiliki cita rasa yang nyaris sama antara satu sama lain.

Meski tape singkong dan peuyeum terlihat sama antara satu dengan lainnya, keduanya memiliki perbedaan Sahabat Fimela. Keduanya adalah makanan dengan ciri khas masing-masing. Apa kira-kira perbedaan tape singkong dan peuyeum? Simak yang berikut ini.

Perbedaan Tape Singkong dan Peuyeum

Tape Singkong

Tape singkong merupakan makanan yang terbuat dari singkong. Mula-mula singkong dikupas dan dicuci bersih, dipotong-potong dan dikukus hingga benar-benar matang serta empuk. Singkong yang telah dikukus dibiarkan hingga dingin kemudian diberi ragi tape. Singkong yang telah diberi ragi disimpan di wadah tertutup atau kedap udara dan ditambahkan sedikit kemudian disimpan hingga matang atau empuk jadi tape.

Tape singkong memiliki cita rasa manis khas, tekstur super lembut cenderung lembek dan berair. Ini cocok dijadikan campuran es campur, bahan untuk membuat prol tape dan dijadikan bahan pembuatan permen tape. Tape singkong banyak ditemukan di daerah Jawa Timur. Tape paling terkenal dari Jawa Timur adalah tape Bondowoso.

Peuyeum

Peuyeum juga makanan yang terbuat dari singkong. Peuyeum dibuat dengan cara merebus singkong utuh hingga matang. Singkong tersebut kemudian didinginkan dan diberi ragi tape dalam jumlah banyak. Peuyeum cukup disimpan atau melalui proses fermentasi dengan cara digantung.

Dibandingkan tape singkong yang lembek, peuyeum memiliki tekstur yang lebih keras. Peuyeum bisa bertahan lebih lama dari tape. Peuyeum merupakan makanan yang khas Jawa Barat khususnya di Bandung.

Itulah perbedaan tape singkong dan peuyeum. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading