Sukses

Lifestyle

Sekian Penyedap Makanan Alami Ini Berbahan Dasar Udang

Fimela.com, Jakarta Ada banyak penyedap makanan alami yang bisa ditambahkan ke dalam masakan, salah satunya adalah udang. Udang bisa diolah menjadi berbagai bumbu penyedap, dan ini dia sekian penyedap masakan yang berasal dari bahan udang.

1. Terasi

Udang rebon adalah bahan utama dalam pembuatan terasi atau belacan. Banyak orang pasti sudah tahu bahwa terasi terbuat dari fermentasi udang jenis rebon. Dengan berbagai proses, terasi yang berbau tajam ini mampu membuat beberapa masakan menjadi lebih sedap dan gurih.

2. Petis

Petis juga terbuat dari udang, bukan hanya udang rebon tapi juga udang lainnya. Petis sendiri memiliki dua tipe, yaitu petis manis dan petis asin. Penambahan petis pada makanan memang tidak seluas terasi, hanya beberapa makanan khas Jawa Timur saja yang banyak menggunakan petis.

3. Rebon

Rebon adalah jenis udang kecil yang jadi bahan utama terasi. Namun sering juga dijual dalam bentuk aslinya dalam keadaan kering atau sudah diasinkan. Rebon bisa menggantikan terasi dengan cara diulek halus dan dicampurkan ke dalam makanan.

4. Ebi

Ebi lebih sering dijadikan bahan pelengkap berbagai makanan. Ebi menambah rasa sedap atau memperkaya rasa makanan. Cukup ditambahkan langsung atau biasanya digoreng lebih dulu agar tidak amis dan rasa sedapnya lebih keluar.

Itu dia sekian penyedap makanan dari udang yang boleh banget dijadikan stok di rumah, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menyimpan Tepung Tapioka agar Tahan Lama dan Tidak Menggumpal
Artikel Selanjutnya
Sekian Cara Menggunakan Tepung Tapioka dalam Masakan