Sukses

Lifestyle

5 Tips Sederhana Atasi Rasa Cemas pada Perempuan

Fimela.com, Jakarta Pada saat-saat tertentu kita akan dilanda rasa cemas. Rasa cemas merupakan emosi yang normal. Ketika kecemasan melanda, penting bagi kita untuk memiliki kemampuan berdamai dan mengatasinya.

Ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk mengatasi kecemasan. Mungkin caranya tidak instan, tapi dengan mengusahakan diri mengatasi rasa cemas, kita bisa lebih mudah mengelola emosi dengan lebih baik lagi. Berikut sejumlah tips sederhana atasi rasa cemas yang bisa kita lakukan. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Olahraga

Olahraga bisa "memaksa" kita untuk fokus pada kondisi fisik kita. Seperti yang dilansir dari womansday.com, dengan berolahraga tubuh kita akan lelah sampai pada titik yang membuat kita merasa lupa dengan rasa cemas yang kita rasakan. Selain itu, saat kita berolahraga, hormon endorfin dalam tubuh akan meningkat dan membantu menghadirkan perasaan dan suasana hati yang lebih bahagia. Plus, kita juga dapat bonus tubuh yang lebih sehat.

2. Bersih-Bersih Rumah

Kadang saat kita merasa cemas, kita bingung cara mengeluarkan atau melampiaskan emosi yang terasa begitu penuh dalam tubuh. Salah satu cara untuk menenangkan diri adalah dengan bersih-bersih rumah. Alirkan energi tubuh untuk melakukan hal yang produktif dan dengan bersih-bersih rumah, setidaknya kita bisa menghasilkan sesuatu yang lebih positif dari rasa cemas yang melanda diri kita.

 

3. Fokus Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan bisa membantu menenangkan diri dan pikiran. Mungkin kita tak bisa langsung berhasil pada percobaan pertama. Namun, bila kita bisa mencoba latihan pernapasan perlahan-lahan, rasa cemas yang kita rasakan bisa perlahan teredam. Begitu dilanda rasa kecemasan, coba segera cari tempat yang lebih tenang lalu tarik dan hembuskan napas perlahan. Ulangi beberapa kali sampai rasa cemas kita reda.

4. Hirup Udara Segar

Pergilah keluar dan hirup udara segar. Coba duduklah di taman, jalan-jalan di alam terbuka, atau sekadar menikmati langit biru di luar rumah. Redakan rasa sesak dan cemas dengan berada di tempat yang lebih lapang dan lega.

5. Berkebun

Berkebun bisa jadi hobi barumu tahun ini. Kegiatan berkebun bisa membantumu meredakan stres dan rasa cemas yang melanda. Saat berkebun, kita akan berfokus pada aktivitas di kebun yang membantu kita menjernihkan pikiran. Apalagi ketika melihat benih yang kita tanam sudah bertunas dan tumbuh, rasa bahagia yang muncul bisa menghalau kecemasan dan stres yang kita rasa.

Berbagai cara bisa kita coba untuk atasi rasa cemas. Namun, bila kita merasa kesulitan untuk mengatasinya sendiri, tak ada salahnya untuk mencari bantuan ya. Kesehatan mentalmu juga sama pentingnya dengan kesehatan fisikmu.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Membiasakan Diri Menulis Jurnal untuk Mengatasi Stres
Artikel Selanjutnya
Rendam Kaki dengan Air Hangat, Ini 5 Manfaat Sehatnya