Sukses

Lifestyle

Tips agar Hasil Gorengan Jamur Krispi Garing dan Renyah

Fimela.com, Jakarta Jika beli jamur krispi di abang-abang jualan di luar, banyak dari kita mungkin penasaran bagaimana caranya membuat jamur krispi yang enak, garing dan gurih tahan lama. Ternyata jamur tidak asal digoreng tepung begitu saja, ada beberapa tips memasak yang perlu dilakukan jika ingin mendapatkan hasil jamur krispi yang garing dan renyah.

1. Menambahkan garam saat mencuci

Tambahkan garam ketika mencuci jamur untuk menghilangkan aroma tanah pada jamur sekaligus membuang air di dalamnya. Jangan takut sedikit diremas-remas jamur ketika mencucinya agar tak banyak air yang ada pada jamur. Remas jamur mengikuti seratnya agar tidak hancur.

2. Tiriskan

Setelah dicuci dengan meremas-remas, tiriskan jamur agar tidak berair. Bisa dikeringkan dengan kain bersih atau diangin-anginkan sebentar. Jamur yang kering akan menghasilkan gorengan yang lebih krispi.

3. Campuran tepung yang tepat

Tepung pencelup dan pelapis berpengaruh penting untuk menghasilkan jamur yang renyah. Buat tepung pencelup yang tidak terlalu kental, lalu gulingkan ke dalam tepung pelapis dengan campuran antara tepung terigu dan maizena. Jika tak ada maizena, bisa diganti dengan tepung beras. Komponen tepung maizena dan beras akan memberi tektur keras. Cubit-cubit saat melapisi dengan tepung kering untuk memberi tekstur krispi di luar.

4. Goreng hingga tenggelam

Menggoreng dalam minyak yang sedikit atau banyak juga berpengaruh terhadap hasil gorengan jamur. Jamur akan lebih kering dan krispi jika digoreng hingga tenggelam atau deep frying karena tingkat kematangannya lebih merata dan lebih baik memberikan hasil gorengan yang renyah. Jangan sering dibalik agar tidak hancur.

Jadi, itu dia sekian cara yang tepat jika ingin menghasilkan gorengan jamur kripsi yang renyah dan garing di luar. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading