Sukses

Lifestyle

Berkumpul dengan Komunitas yang Tepat Akan Membuat Hidup Lebih Sehat, Cari Tahu Alasannya

ringkasan

  • Peran komunitas dalam membiasakan pola hidup sehat sangat dibutuhkan
  • Mempersiapkan komunitas yang peduli terhadap hidup sehat seperti pola makan seimbang dan aktif bergerak, menjadi langkah penting untuk menjaga kualitas kesehatan

Fimela.com, Jakarta Setiap manusia tentu ingin hidup sehat. Banyak hal yang bisa dilakukan seperti pola makan tepat, olahraga, dan istirahat yang cukup. 

Peran komunitas dalam membiasakan pola hidup sehat sangat dibutuhkan. Menurut Roby Muhamad PH.D, Sosiolog dari Universitas Indonesia, dalam pengambilan keputusan termasuk penerapan pola hidup sehat, individu dipengaruhi kuat oleh microenvironment di mana ia berada dan dengan siapa ia bergaul. Seperti keluarga, sekolah, tempat kerja dan tempat tinggal. 

“Karakter yang terbentuk pada microenvironment ini dipengaruhi pula oleh sistem edukasi, kebijakan pemerintah, perkembangan industri, teknologi, dan lain-Iain,” ujarnya saat ditemui dalam acara SunLife di Jakarta. 

Ia mengatakan selanjutnya, bagaimana cara menanamkan nilai baik seperti pola hidup sehat dalam suatu lingkup sosiai agar menyebar luas? Riset para ilmuwan di MIT menunjukkan komunitas berperan sebagai pemantik semangat dalam pengadopsian gaya hidup dan perilaku sehat di tengah masyarakat. 

“Akan sangat sulit menerapkan pola hidup sehat, ketika kita berada di lingkungan yang tidak sehat,” tambahnya. 

Karenanya, komitmen yang dilakukan bersama melalui komunitas, menjadi cara efektif dalam proses menanamkan kebiasaan gaya hidup sehat. Agar penularan sosial atau difusi sosial dalam perilaku sehat dapat terjadi, yang juga perlu dilakukan adalah dengan membidik secara spesifik banyak komunitas dengan segmen yang berbeda-beda, misal komunitas berdasarkan tempat tinggal, tempat kerja, hobi, profesi dan lain-lain. Sehingga penyebaran pemahaman dan kebiasaan hidup sehat dapat meluas hingga membentuk masyarakat yang lebih sehat.

Resolution Run 2020

Elin Waty, Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia juga menyatakan komunitas dapat diri kita tinggal dan bersosialisasi merefleksikan bagaimana diri kita pribadi, termasuk kondisi kesehatan yang mungkin kita alami. 

“Karena, bagaimana kita berperilaku tentu tak bisa lepas dari pengaruh bagaimana lingkungan terdekat kita berperilaku. Pun demikian dalam hal kesehatan,” ujarnya. 

Mempersiapkan komunitas yang peduli terhadap hidup sehat seperti pola makan seimbang dan aktif bergerak, menjadi langkah penting untuk menjaga kualitas kesehatan serta mencegah penyebaran berbagai penyakit tidak menular, salah satunya diabetes. Laporan terkait diabetes di Asia yang dirilis Sun Life Financial Asia pada awal tahun 2019 berjudul Diabetes in Asia: Empowering communities to lead healthier live, juga memberikan rekomendasi berupa pendekatan terkordinasi berbasis komunitas sebagai upaya bersama yang perlu dilakukan untuk membiasakan pola hidup sehat dan melawan diabetes. 

Komunitas dipercaya dapat menjadi agen yang kuat untuk membantu mendidik, melibatkan, dan memberdayakan keluarga atau individu dalam membuat pilihan gaya hidup yang lebih sehat. Inilah mengapa di tahun ke-2 penyelenggaraanya, rangkaian 'Sun Life Resolution Run 2020 yang diadakan pada 12 Januari 2020, bertempat di ICE BSD, Tanggerang juga menggandeng beragam komunitas untuk berpartisipasi dalam upaya bersama menyebarkan semangat hidup lebih sehat dan melawan diabetes.

”Melibatkan komunitas dalam menyebarkan virus hidup sehat dan semangat melawan diabetes menjadi langkah penting yang kami percaya bukan hanya akan berimplikasi pada meningkatknya kualitas hidup masyarakat, tapi juga membantu membangun generasi produktif yang sehat, sehingga dapat berperan positif dalam proses pembangunan bangsa", tutup Elin.

#Growfearless with Fimela

;
Loading