Sukses

Lifestyle

Tips agar Cilok Matang Sempurna Hingga ke Dalam

Fimela.com, Jakarta Semua orang pasti sudah tahu camilan atau jajanan pinggir jalan bernama cilok. Meski memang bisa dibuat sendiri di rumah, belum tentu semua orang bisa membuat cilok yang enak, bahkan terkadang kesulitan yang sering dialami saat membuat cilok adalah tidak matang tengahnya.

Jika sudah seperti ini cilok jadi tak bisa dimakan, kecuali harus dimasak lagi hingga agak lama. Tapi bagaimana caranya agar cilok bisa matang merata hingga ke dalam? Ikuti cara berikut ini.

1. Perbandingan bahan

Ketika mencampurkan bahan, pastikan perbandingan bahan antara tepung terigu dan tapioka. Jika ingin cilok yang kenyal, gunakan perbandingan 1:1, jika ingin lebih empuk, kurangi tapioka dan tambah terigunya.

 

2. Gunakan air panas

Cara ini tak boleh diabaikan, setelah mencampurkan bahan, campurkan bahan dengan menuang air panas. Air panas membuat adonan menjadi setengah matang sehingga akan membuat cilok matang sempurna ketika direbus atau dikukus. Air panas juga memudahkan adonan dibentuk.

3. Jangan terlalu besar

Kesalahan yang sering dilakukan orang adalah membuat bulatan cilok yang terlalu besar. Buat cilok yang kecil-kecil saja agar mudah matang dan matangnya hingga ke dalam sehingga tak perlu khawatir tidak matang bagian dalamnya.

4. Beri isian

Jika ingin membuat cilok yang agak besar, sebaiknya beri isian sehingga tidak murni bahan cilok. Bisa gunakan isian telur puyuh, daging, sosis bahkan keju. Mengisi cilik dengan isian akan membuat cilok ukuran besar pun tetap matang hingga ke dalam.

Itu dia sekian cara yang bisa dilakukan jika ingin membuat cilok yang matang hingga ke dalam. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading