Sukses

Lifestyle

5 Inspirasi Olahan dari Singkong

Fimela.com, Jakarta Singkong merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang populer di Indonesia. Kandungan karbohidrat dari singkong dapat di jadikan pengganti nasi. dapat di sulap menjadi camilan lezat dan mengguah selera bagi siapa saja yang menikmati. Berikut ini 5 inspirasi olahan dari singkong, yang bisa di coba.

Gethuk

Gethuk merupakan makanan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Gethuk merupakan makanan khas Jawa tengah. Gethuk terbuat dari singkong yang sudah di kukus kemudian di tumbuh hingga halus. Gethuk dapat dinikmati dengan parutan kelapa dan gula merah cair, atau dapat juga di goreng agar lebih nikmat.

Tape

Tape tidak hanya terbuat dari beras ketan, namun singkong pun bisa diolah menjadi tape. Untuk membuat tape singkong ini cukup mudah. Siapkan sigkong yang sudah di kupas dan di cuci bersih, kukus singkong hingga matang, selanjuntya tata singkong di wadah yang tertutup berikan parutan ragi, tunggu singkong masak menjadi tape selama 2-3 hari. Semakin banyak ragi yang di taburkan makan singkong akan memiliki rasa yang manis.

Nasi Tiwul

Singkong dapat diolah menjadi makanan pengganti beras yaitu nasi tiwul. Daerah Gunung kidul dan Wonogiri merupakan daerah yang sebagian besar masyarakatnya mengonsumsi tiwul. Cara membuat nasi tiwul ini pun panjang prosesnya, mulai dari singkong di kupas, lalu dikeringkan, selanjtnya singkong di tumbuk menjadi tepung gaplek, hingga di uleni dan di masak menjadi tiwul. Namun saat ini sudah banyak nasi tiwul instan yang dapat kita beli di pasar. Dengan begitu memasak nasi tiwul akan lebih mudah. Nasi tiwul biasanya dapat di nikmati dengan sayur terong dan lauk ikan asin atau bisa juga di jadikan nasi tiwul manis dengan parutan kelapa. Sepertinya menggoda selera makan, dan boleh di coba.

Tape Goreng

Singkong yang tadinya di olah menjadi tape, kali ini tape yang sudah masak dapat di olah kembali menjadi tape goreng. Untuk membuatnya pun cukup mudah yaitu siapkan tape singkong yang sudah masak, haluskan tape menggunakan sendok, bentuk menjadi bulatan, lalu goreng menggunakan adona tepung terigu. Tape goreng bisa dijadikan camilan sore hari dengan teh hangat.

Klepon

Selain dijadikan gethuk dan tape, singkong dapat dijadikan makanan tradisonal yaitu klepon. Klepon dapat kita temui di pasar-pasar tradisional atau di bazar makanan tradisional. Bentuknya bulat , berwarna hijau, dengan isian gula merah di dalamnya. Klepon hampir sama dengan Moci, hanya saja, klepon di nikmati dengan parutan kelapa dan gula merah cair serta teksturnya lebih lenget.

Nah, berikut tadi 5 inspirasi olahan dari singkong yang dapat dicoba di rumah. Sahabat Fimela mau pilih yang mana?

#GrowFearless With FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Tape Singkong dan Peuyeum