Sukses

Lifestyle

7 Tips Membangun Kebahagiaan Karir Jika Menjalani Bisnismu Sendiri

Fimela.com, Jakarta Zaman sekarang banyak orang berani mengambil keputusan untuk membangun usahanya sendiri. Dengan berbekal modal yang cukup, keterampilan, keunikan dan keuletan, setiap orang bisa terjun ke dalam bidang wirausaha atau enterpreneur.

Tapi bagaimana caranya agar bisa bertahan menjalani karir mandiri seperti ini dan bahkan merasa puas dan bahagia? Ini sekian hal yang mungkin kamu perlukan.

1. Cintai apa yang kamu lakukan

Pertama dan yang paling penting adalah love what you do, sukai dulu apa yang ingin kamu lakukan, karena itu sumber kebahagiaanmu. Ketika kamu menyukai pekerjaanmu, kamu akan betah dan lebih total dalam berusaha. Bahkan seberapa banyak waktu yang kamu habiskan tak akan terasa berat.

2. Buat perencanaan tertulis

Semuanya harus jelas di atas kertas, bukan hanya agar jalanmu bisa diarahkan dengan baik dan waktu yang kamu keluarkan bisa efisien, tapi juga sebagai pengingat dan memicu motivasi diri untuk tetap berusaha menjalankan bisnismu sendiri.

3. Bangun tim yang kokoh

Punya orang-orang dengan ketertarikan yang sama sehingga bisa membentuk tim yang solid, saling mendukung dan bisa diajak bekerja sama mengembangkan bisnis. Bangun tim dengan orang-orang bisa diarahkan, beberapa yang sudah berpengalaman, serta mereka yang punya ide segar, kreatif, tak mudah menyerah dan mau berkomitmen.

4. Dengarkan masukan dari luar dan kendalikan ego

Kesuksesan tidak hanya berasal dari ide yang bagus, tapi juga butuh didukung saran dan kritik yang membangun. Jangan merasa paling benar, pertimbangkan apa yang sedang disukai pasar. Di saat ini pula kamu perlu lebih dewasa mengatasi egomu sendiri. Idealisme itu perlu, tapi bersikap fleksibel juga penting.

5. Kepuasan pelanggan nomor satu

Tanpa konsumen, bisnis tidak akan bisa berjalan, dan lebih banyak konsumen berarti pelayanan juga harus ditingkatkan. Semakin baik kamu memberi kepuasan pada pembeli, semakin dekat bisnismu mencapai kesuksesan.

6. Belajar dari kesalahan

Tidak ada bisnis yang langsung cuan, setiap usaha selalu mengalami kegagalan. Jadi belajrkan dari kesalahan itu dan bagaimana cara agar tak perlu mengalaminya lagi. Menjalani bisnis memang harus banyak belajar dan kesalahan adalah salah satu guru yang bisa membantumu bangkit menjadi lebih baik.

7. Manfaatkan internet dan media sosial

Zaman serba canggih dengan teknologi ini mempermudah wirausahawan mencari banyak informasi untuk mengembangkan usahanya sekaligus mempermudah promosi lewat berbagai media sosial. Jadi buat promosi yang semenarik mungkin bukan hanya secara mulut ke mulut, tapi juga secara organik melalui dunia maya. 

Siapa yang tidak ingin hidup sukses dan bahagia apalagi jika sedang menjalani bisnis sendiri? Hidup cuma sekali, jadi buatlah semenarik dan semenyenangkan mungkin Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading