Sukses

Lifestyle

Tips Meredakan Gatal pada Tenggorokan

Fimela.com, Jakarta Rasa gatal pada tenggorokan memang membuat tidak nyaman bagi siapa saja yang mengalaminya. Rasa gatal pada tenggorokan dapat disebabkan dari beberapa faktor seperti alergi, kekurangan cairan, perubahan cuaca dan gejala flu. Kondisi tidak nyaman ini membuat sebagian orang segera meredakannya dengan mengonsumsi obat.

Ada cara alami untuk mengatasi rasa gatal pada tenggorokan. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi rasa gatal pada tenggorokan yang aman.

Berkumur Air Garam

Jika mengalami gatal pada tenggorokan, berkumur air garam dapat meringankan rasa gatal pada tenggorokan saat batuk. Caranya dengan larutkan 1/2 sdt garam dapur ke dalam segelas air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur beberapa kali.

Mengonsumsi Madu

Sudah tidak asing lagi, jika madu digunakan untuk pengobatan alami. Mengonsumsi madu di pagi dan sore hari, dipercaya dapat meredakan rasa gatal pada tenggorokan. Untuk membuatnya cukup mudah, campurkan 1 sdt madu, perasan jeruk lemon, dan 1 ruas jahe dengan menambahkan air hangat.

Bawang Putih

Kandungan allicin pada bawang putih di percaya mampu melawan infeksi pada saluran tenggorokan. Selain dimakan langsung, bawang putih dapat dicampurkan dengan madu. Caranya potong-potong 1 siung bawang putih, tambahkan 1 sdm madu lalu tambahkan air panas. Minum dalam keadaan hangat, sehingga dapat membantu meringankan rasa gatal pada tenggorokan.

Konsumsi Wedang Jahe

Selain menghangatkan tubuh, jahe dipercaya untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokan. Karena kandungan antimikroba pada jahe dapat mengeluarkan lendiri yang memicu rasa gatal pada tenggorokan.

Konsumsi Wedang Asam Kandis

Asam kandis merupakan salah satu bumbu dapur dari Kalimantan, rupanya berkhasiat untuk menyembuhkan rasa gatal pada tenggorokan. Kandungan nutrisi pada asam kandis dapat melawan bakteri yang masuk dan menempel pada tenggorokan yang menyebabkan radang dan infeksi.

Konsumsi Air Putih

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, rasa gatal pada tenggorokan juga dapat disebabkan oleh tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi dapat menyebabkan tenggorkan mengering dan memicu rasa gatal pada tenggorkan. Baiknya konsumsi air putih lebih banyak, supaya tubuh tetap segar dan tidak mengalami kekurangan cairan.

Cara diatas dapat coba ketika Sahabat Fimela ketika mengalami rasa gatal pada tenggorokan. Jangan buru-buru mengonsumsi obat, alangkah baiknya menggunakan bahan alami terlebih dahulu. Yang paling penting adalah menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat dan atur pola makan.

#GrowFearless With FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading