Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah tanpa Kapur Sirih

Fimela.com, Jakarta Biasanya untuk membuat keripik singkong yang renyah, kita perlu menggunakan air kapur sirih. Jika memang punya persediaan air kapur sirih, kita bisa langsung menggunakannya. Tapi tanpa kapur sirih pun, kita bisa membuat keripik singkong yang renyah.

Tidak butuh bahan yang rumit, kok. Meski memang langkah-langkah pembuatannya perlu diperhatikan untuk mendapatkan tekstur keripik singkong yang renyah. Selengkapnya, langsung saja ikuti di sini, ya.

1. Singkong Diiris Tipis

Untuk 1 kg singkong, kita bisa menyiapkan 5 butir bawang putih dan garam secukupnya. Singkong yang sudah dicuci bersih, langsung diiris tipis. Bisa diiris memanjang atau bulat, sesuai selera saja.

2. Rendam Singkong dengan Air Garam

Siapkan air dan tambahkan garam. Masukkan singkong hingga terendam. Remas-remas sebentar. Diamkan sekitar 10 menit.

3. Rendam dengan Air Baru

Buang air garam. Tiriskn singkong. Siapkan air baru, kali ini tanpa garam. Rendam kembali singkong selama sekitar lima menit.

4. Cuci Kembali sampai Air Rendaman Berubah Bening

Ini penting dilakukan. Setelah selesai direndam selama lima menit, cuci kembali singkong dengan air yang baru sambil sesekali diremas pelan. Lakukan sampai air sisa rendaman berubah bening. Mungkin butuh tiga kali proses pencucian.

5. Bumbui dengan Garam dan Bawang Putih

Haluskan bawang putih dan garam. Tambahkan sedikit air. Siramkan ke singkong yang sudah bersih dan ditiriskan. Singkong siap digoreng hingga kecokelatan untuk mendapatkan hasil tekstur yang renyah.

Kita juga bisa membumbui keripik singkong ini sesuai selera. Selamat mencoba dan semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Loading