Sukses

Lifestyle

Ulasan Buku Mendaki Tangga yang Salah - Eric Barker

Fimela.com, Jakarta Judul: Mendaki Tangga yang Salah (Barking Up the Wrong Tree)

Penulis: Eric Barker

Alih bahasa: Susi Purwoko

Desain isi: Fajarianto

Desain sampul: Isran Febrianto

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Banyak saran yang diberikan kepada kita tentang kesuksesan terdengar masuk akal, serius—dan jelas-jelas salah. Eric Barker mengungkap fakta-fakta luar biasa tentang penentu kesuksesan—yang mungkin sebelumnya tidak kita pikirkan, seperti:

• Mengapa murid paling pintar di sekolah jarang menjadi miliarder dan bagaimana kelemahan terbesar Anda bisa menjadi kekuatan terhebat Anda.

• Apakah orang baik selalu menjadi yang terakhir mencapai garis akhir dan mengapa pelajaran terbaik tentang kerja sama datang dari anggota geng, bajak laut, dan pembunuh berantai.

• Mengapa mencoba meningkatkan kepercayaan diri selalu gagal dan bagaimana filosofi Buddha memberi solusi yang terbaik.

• Bagaimana menemukan keseimbangan hidup dan kerja dengan menggunakan strategi Genghis Khan, kesalahan-kesalahan yang dilakukan Albert Einstein, dan satu pelajaran kecil dari Spider-Man.

Dengan mencermati apa yang memisahkan kesuksesan yang luar biasa dari yang biasa-biasa saja, kita bisa berhenti menebak-nebak rahasia mencapai kesuksesan dan memulai kehidupan yang Anda inginkan.

***

Tak ada jalan yang benar-benar mudah untuk mencapai kesuksesan. Orang yang saat ini sukses pasti sudah melewati banyak kesulitan dalam hidupnya. Ada banyak hal yang sudah diperjuangkan dan dikorbankan dalam kesehariannya untuk mencapai puncak tangga kesuksesan.

Membicarakan soal tips dan cara untuk mencapai kesuksesan rasanya tak akan pernah ada habisnya. Buku Mendaki Tangga yang Salah karya Eric Barker ini hadir untuk memberi banyak wawasan baru mengenai kesuksesan. Berbagai aspek perkembangan baik aspek pribadi, keseimbangan kerja dan hidup, dan aspek-aspek baru tentang kesuksesan dibahas di buku ini.

Buku ini mengeksplorasi penelitian tentang keputusan-keputusan yang dibuat dalam hidup dan pengaruhnya terhadap keuksesan. Kesuksesan seseorang jelas dipengaruhi oleh banyak hal dan faktor. Ada sebuah istilah menarik di buku ini, yaitu memilih kolam yang tepat. Lingkungan tempat kita berada seperti dunia kerja yang kita pilih sangat memengaruhi arah kesuksesan kita. Bisa jadi dalam suatu kasus, terhambatnya kesuksesan bukan karena kita malas tapi karena kita salah memilih tempat untuk berkembang.

 

Ketika Anda memilih kolam Anda dengan bijak, Anda bisa sangat meningkatkan jenis diri Anda, kekuatan khas Anda, dan konteks Anda untuk menciptakan nilai yang luar biasa besar. Inilah yang diperlukan untuk karier yang hebat, tetapi pengetahuan diri seperti ini juga bermanfaat bagi penerapan lain yang Anda pilih. (hlm. 28)

Sudah seberapa jauh dan seberapa dalamnya kita memahami dan mengenali diri kita sendiri? Mengenali diri bisa diartikan mengenali kekuatan atau kelebihan kita. Dengan begitu, kita bisa memilih tempat yang tepat untuk memaksimalkan kemampuan yang kita punya tersebut.

Buku ini terdiri dari enam bab:

1. Jika Ingin Sukses, Haruskah Kita Bermain Aman dan Melakukan Apa yang Diperintahkan kepada Kita?

2. Apakah Orang yang Baik Hati adalah Orang yang Terakhir Mencapai Garis Finis?

3. Apakah Orang yang Menyerah Tidak Pernah Menang dan Pemenang Tidak Pernah Menyerah?

4. Bukan Apa yang Anda Ketahui, tetapi Siapa yang Anda Kenal (Kecuali Jika Itu Memang Apa yang Anda Ketahui)

5. Percaya pada Diri Sendiri... Sesekali

6. Kerja, Kerja, Kerja... atau Keseimbangan Kerja dan Hidup?

Aspek yang dibahas di buku ini luas. Kita diajak untuk menelusuri berbagai potensi yang kita miliki. Kita dipandu untuk mengenali diri kita sendiri. Kita digiring untuk bisa menemukan cara kita sendiri untuk mencapai hidup yang bermakna dan kesuksesan yang kita inginkan. Tidak semua anak yang selalu juara di sekolahnya bisa langsung sukses dalam kehidupan kariernya. Seseorang dengan temperamen introver dan ekstrover perlu mendapatkan dan menciptakan lingkungan yang tepat dalam hidupnya untuk bisa berhasil.

Ternyata keberuntungan bukan sekadar kebetulan atau berkaitan dengan paranormal. Banyak dari keberuntungan yang sebenarnya adalah soal pilihan yang dibuat seseorang. (hlm. 119)

Membaca buku ini kita akan diajak untuk membuka sudut pandang yang lebih luas. Pada kenyataannya, dunia memang tak sepenuhnya adil. Kita mungkin tak bisa mendapatkan semua yang kita inginkan. Selain itu, mengikuti cara orang lain belum tentu bisa membawa kita kepada kesuksesan yang sama. Ada pilihan-pilihan penting yang perlu kita buat dengan sadar dan bertanggung jawab.

Bagi yang sudah bekerja atau baru ingin memulai karier, buku ini sangat cocok dijadikan panduan. Pada Bab Kerja, Kerja, Kerja... atau Keseimbangan Kerja dan Hidup? ada banyak hal menarik dan penting yang dipaparkan mengenai menjaga keseimbangan kerja dan hidup. Ada istilah karoshi yang mengacu pada kematian karena terlalu banyak bekerja. Di Jepang, jumlah orang yang meninggal karena karoshi sebanding dengan jumlah korban jiwa dari kecelakaan lalu lintas. Penting bagi kita untuk tetap bisa menjaga keseimbangan antara hidup dan kerja demi kebahagiaan dan kesejahteraan diri kita.

Istilah burnout pun mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagiaan dari kita. Bahkan bisa jadi saat ini ada yang sedang mengalami burnout atau bekerja terlalu keras untuk membuat diri kita tidak bahagia sehingga kehabisan energi dan semangat. Christina Malasch, salah satu peneliti terkemuka di bidang ini, mengatakan bahwa burnout yang sejati terjadi ketika kita tidak cocok dengan pekerjaan yang kita jalani. Itu juga sebabnya mengapa orang-orang yang memiliki passion bisa menghancurkan relasinya atau pingsan kelelahan, tapi tidak benar-benar hangus terrbakar seperti rata-rata pekerja. Melalui buku ini, kita akan diarahkan untuk bisa lebih bijak dalam mengatur waktu. Bekerja sebaik-baiknya dengan tetap menjaga keseimbangan hidup dengan memenuhi kebutuhan tidur cukup dan hidup yang sejahtera.

Mendaki Tangga yang Salah memuat banyak aspek penting yang sekiranya patut dipahami lebih dalam oleh kita yang saat ini sedang berusaha untuk mencapai impian dan mewujudkan kesuksesan yang kita inginkan. Kenali diri, pilih kolam yang tepat, maksimalkan potensi dan kelebihan yang dimiliki, hingga menjalani hidup yang lebih seimbang. Ada banyak tokoh inspiratif yang dibahas di sini beserta kisah hidup dan perjuangannya mewujudkan keberhasilan dengan caranya sendiri. Bacalah buku ini pelan-pelan, maka satu per satu hal penting yang selama ini mungkin kita lewatkan dalam hidup akan terkuak.

#ChangeMaker

;
Loading