Sukses

Lifestyle

5 Masalah Tidur yang Harus Dikonsultasikan dengan Dokter

Fimela.com, Jakarta Dewasa ini, masalah tidur tidak boleh disepelekan begitu saja. Terutama ketika sepertiga orang dewasa mengalami masalah tidur dari waktu ke waktu, membuat mereka tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan dibutuhkan.

Sayangnya masih banyak orang yang menyepelekan masalah tidur mereka dan merasa mampu mengatasinya sendiri. Dilansir dari self.com, Minggu (9/2/2020), berikut ini adalah beberapa masalah tidur yang harus segera dikonsultasikan dengan dokter.

1. Teman sekamar mengeluh kamu terlalu keras mendengkur

Jika kamu mendengkur dengan keras, ada kemungkinan kamu menderita apnea tidur, gangguan yang berpotensi serius di mana pernapasan secara berulang berhenti dan mulai di malam hari. Bentuk paling umum dari kondisi ini adalah apnea tidur obstruktif ketika otot-otot tenggorokan rileks, menciptakan fleksibilitas yang menyebabkan getaran ketika kamu bernapas.

Hal ini dapat terjadi antara 5 hingga 30 kali setiap jamnya, membuatmu tidak benar-benar mendapatkan istirahat yang berkualitas. Selain itu, penderita apnea tidur cenderung tidak sadar bahwa mereka bangun di malam hari untuk mengatur napas.

2. Sulit tidur secara konsisten

Ada banyak faktor yang menyebabkan kamu sulit tidur. Insomnia adalah kelainan yang membuat seseorang sulit tidur selama beberapa hari bahkan bulan karena stres atau peristiwa traumatis.

 

3. Membutuhkan alat bantu tidur

Kamu membutuhkan bantuan untuk bisa benar-benar tidur dan ini merupakan masalah besar. Yang perlu kamu ketahui adalah obat-obatan yang membantumu untuk tidur memiliki efek samping tertentu, sehingga mengonsumsinya harus berdasarkan resep dokter.

4. Merasa terus menerus lelah

Kondisi ini disebut sebagai inersia tidur dan disebabkan oleh depresi atau sindrom kelelahan kronis. Jika kamu sudah merasakan kondisi ini dalam waktu yang lama, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan yang tepat.

5. Melakukan hal-hal aneh selama tidur

Jika kamu mendapati diri sendiri sering melakukan hal- hal aneh selama tidur, seperti berbincang dengan orang lain lalu lupa atau melakukan hubungan seksual dengan pasangan, kamu harus segera menghubungi dokter. Kondisi ini disebut sebagai parasomnia dan berpotensi membahayakan dirimu sendiri, serta orang lain.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Kondisi Kulit Wajah Memburuk Akibat Kurang Tidur? Ini Solusinya
Artikel Selanjutnya
Kurang Tidur Bisa Meningkatkan Risiko Terkena Penyakit Ini