Sukses

Lifestyle

Ini Risiko dan Bahaya Kesehatan Makan Apel yang Mulai Busuk

Fimela.com, Jakarta Makan makanan segar dan baru dipanen memang yang paling baik, dan bukan hal mengejutkan jika kita membuang makanan yang sudah busuk dan basi, tidak terkecuali buah apel. Namun jika hanya sebagian apel yang busuk, beberapa orang masih bisa memakannya, dengan cara membuang hanya bagian yang busuk saja. Tapi apakah ini aman dan sehat?

Ternyata akan lebih baik jika membuang apel yang sudah mulai busuk bahkan jika masih ada bagian yang bisa dimakan. Meskipun makan apel yang mulai busuk memang tidak selalu berbahaya, namun apel akan cenderung menumbuhkan jamur.

Bahaya makan apel busuk

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health menemukan bahwa tumbuhnya jamur pada makanan ini disebabkan mikroorganisme dan mampu menimbulkan reaksi alergi dan gangguan pernapasan pada beberapa orang.

Beberapa mikroorganisme bahkan menumbuhkan mikotoksin, yang menyebabkan banyak penyakit pencernaan. Buah apel yang membusuk juga cenderung menghasilkan mikotoksin yang disebut patulin, racun yang diproduksi oleh spesies Penicillium expansum.

Ketika dikonsumsi dalam jumlah besar, mikotoksin bisa menyebabkan mual, mengganggu bakteri usus baik, pendarahan ulkus bahkan meningkatkan risiko kanker. Bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit lain karena mikotoksin dapat melemahkan sistem imun tubuh.

Jadi, akan lebih baik jika tidak usah makan buah apel yang mulai busuk dan segera dibuang ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mengetahui Buah Apel Masih Layak Makan atau Tidak
Artikel Selanjutnya
Biji Apel Memang Harus Dibuang saat Dimakan, Ini Alasannya