Sukses

Lifestyle

4 Tips Membangun Lingkungan Media Sosial yang Aman

Fimela.com, Jakarta Sebagai pengguna aktif Internet, kamu mungkin pernah merasa khawatir mengenai keamanan di dunia maya. Mulai dari adanya peretasan, penipuan, hingga cyber bullying berupa komentar negatif yang bisa mengganggu atau menghambatmu yang ingin mengekspresikan diri. Instagram, sebagai salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia, memahami masalah ini. 

Untuk itu, dalam rangka memperingati Hari Internet Aman Sedunia, Instagram berupaya memastikan setiap penggunanya mendapatkan informasi yang komprehensif mengenai fitu-fitur keamanan yang dapat mencegahmu dari berbagai masalah yang sudah disebut di atas. Bukan cuma melindungi, Instagram juga memberikan informasi dan langkah-langkah untuk melindungi diri dari masalah di atas, serta menciptakan lingkungan bermedia sosial yang aman dan positif. Dengan tagline "Bersama Membangun Internet Menjadi Lebih Baik," berikut langkah-langkah yang diberikan Instagram untuk Sahabat Fimela agar dapat menciptakan lingkungan media sosial yang aman dan positif. 

1. Amankan Akun

Gunakanlah kata sandi yang kuat untuk akun Instagrammu. Jangan gunakan nama, tanggal ulang tahun, dan kata sandi lainnya yang menyangkut informasi pribadi. Selain itu, untuk mengamankan akun, kamu bisa melakukan dua cara lain, yakni mengaktifkan autentikasi dua faktor agar Instagram dapat secara otomatis mengirimkan kode login khusus ke ponselmu. Kedua, melakukan validasi setiap email terkait aku Instagrammu lewat fitur Email dari Instagram secara langsung. 

2. Jaga Privasi Diri

Untuk menjaga privasimu, kamu bisa membuat akunmu bersifat privat sehingga kamu bisa mengatur siapa saja yang bisa mengikuti akun Instagrammu. Juga, kamu bisa mengontrol siapa saja yang bisa mengomentari postinganmu lewat fitur Kontrol Komentar. Kamu juga bisa mengatur siapa saja yang bisa mengirimkan pesan Direct. Jangan lupa, ada juga futur teman dekat untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat Instagram Storiesmu. 

3. Cegah Bullying

Untuk mencegah bullying, ada empat cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, dengan melaporkan postingan atau komentar yang ofensif, negatif, dan melanggar standar komunitas Instagram. Kedua, dengan filter komentar, kamu bisa mengendalikan komentar di postinganmu, dimana Instagram secara otomatis akan menyembunyikan komentar negatif. Lalu, ada juga fitur untuk memblokir akun dan komentar negatif, serta yang terakhir, kamu bisa membatasi akun yang sering kali memberikan komentar negatif. 

4. Lingdungi Pengguna Lainnya

Selain melindungi diri sendiri, penting juga untuk saling melindungi antar pengguna di Instagram, dengan saling menghormati dan menghargai pengguna lain tanpa memberikan komentar negatif, serta bertindak langsung dengan melaporkan postingan tersebut ke pihak Instagram. Tindakan ini sangat diperlukan ketika kamu melihat ada postingan yang mengandung ancaman bunuh diri atau tindakan melukai diri sendiri. Setelah kamu melaporkannya, pihak Instagram akan mengirimkan pesan kepada pemilik akun tersebut dan menghubungkannya ke beberapa sumber bantuan, seperti berbicara kepada teman, menghubungi bantuan, atau menemukan sumber bantuan lainnya. 

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Tom Holland Ingin Singkirkan Instagram dari Hidupnya
Artikel Selanjutnya
4 Langkah Jika Terkena Cyber Bullying