Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam yang Teksturnya Lembut

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang suka banget sama bubur ketan hitam? Bubur ketan hitam dengan tekstur yang lembut menjadi yang paling diminati. Sayangnya, bila cara memasaknya salah, hasilnya bubur ketan jadi kurang empuk.

Membuat bubur ketan hitam yang lembut bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Teknik perendaman dan perebusannya perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dipilih untuk menghasilkan bubur ketan hitam yang lembut.

1. Ketan Direndam Semalaman Lalu Direbus

Ketan yang akan diolah jadi bubur bisa direndam terlebih dahulu semalaman. Kemudian, rebus ketan dengan air secukupnya. Setelah empuk, masukkan gula pasir dan daun pandan. Masak sampai diaduk-aduk agar matang dan lembut merata serta tidak gosong.

2. Ketan Direbus 15 Menit Lalu Dibiarkan Mekar

Ketan belum sempat direndam semalaman? Tenang saja. Kita masih bisa membuat bubur ketan hitam yang lembut. Ketan yang sudah dicuci bersih, direbus dengan air setinggi 4 jari selama 15 menit. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan selama 30 menit agar ketan mekar. Kemudian, rebus kembali ketan dengan menambahkan gula dan garam. Tambahkan air bila perlu untuk mendapatkan tekstur ketan yang lembut.

3. Ketan Direndam 4 Jam Lalu Direbus Sambil Terus Diaduk

Ketan direndam dulu selama 4 jam. Kemudian, rebus ketan dengan air dan sejumput garam. Rebus sambila terus diaduk-aduk perlahan hingga mengental. Setelah mengental, baru tambahkan gula. Aduk rata dan angkat.

Kita bisa memilih satu dari tiga cara di atas untuk membuat bubur ketan yang lembut. Sekarang, sudah tidak bingung lagi kan membuatnya? Semoga informasinya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Menggunakan Cuka Apel pada Bahan Makanan
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Jengkol Goreng yang Tidak Bau, Simak Tipsnya