Sukses

Lifestyle

4 Asupan Makanan dan Minuman untuk Mencegah Kanker Kulit

Fimela.com, Jakarta Makanan tertentu, termasuk ikan kaya asam lemak omega-3 yang mengandung zat antiangiogenik dapat membantu tubuh melawan sel kanker kulit. Beberapa makanan kaya antioksidan juga menunjukkan aktivitas antiangiogenik. Jika rutin mengonsumsi makanan yang lebih sehat, kemungkinan besar tubuh dapat melawan berbagai jenis kanker dan meningkatkan perlindungan lebih lanjut.

Melansir dari shape.com, berikut beberapa makanan yang dapat mencegah kanker kulit.

Buah dan sayuran berwarna

Saat kamu mengonsumsi lima atau lebih porsi buah dan sayuran setiap hari, pastikan ada banyak yang berwarna hijau dan oranye gelap. Setiap minggu, makanlah setidaknya tiga porsi sayuran silangan, seperti brokoli, kembang kol, dan kangkung. Lalu empat hingga enam sayuran berdaun hijau gelap lainnya, seperti bayam dan bit. Kamu juga harus mengonsumsi jeruk.

"Makanan ini mengandung antioksidan kuat, termasuk polifenol, karotenoid, dan zat bioaktif lainnya, yang dapat mengurangi risiko melanoma," ujar Cristina Fortes, Ph.D., peneliti di unit epidemiologi klinis di Istituto Dermopatico dell'Immacolata Roma.

Ikan yang kaya akan omega-3

Menurut Fortes, kandungan omega-3 yang ditemukan terutama pada ikan, tubuh dapat menggandakan perlindungan melanoma dengan mengonsumsinya minimal 1 minggu sekali. Fortes menambahkan bahwa diet semacam itu juga dapat melindungi dari kanker kulit nonmelanoma. Peneliti Australia menemukan bahwa orang yang makan rata-rata satu porsi ikan dengan kandungan omega-3 yang kaya asam lemak, seperti salmon, sarden, mackerel, dan trout, setiap lima hari mengembangkan 28 persen lebih sedikit keratosis aktinik. Ini tandanya bercak kulit prakanker bersisik kasar yang disebabkan oleh paparan UV dan dapat berubah menjadi bentuk awal karsinoma sel skuamosa.

Rempah-rempah

Menambahkan sejumput bumbu ke salad, sup, ayam, ikan, atau apa pun yang disukai tidak hanya membuat makanan lebih beraroma tetapi juga membantu memperkuat kulitmu. Fortes mengatakan, rempah-rempah mengandung antioksidan dan dapat melindungi dari melanoma. Sage segar, rosemary, peterseli, dan basil dapat menawarkan manfaat terbesar untuk mencegah kanker kulit.

 

Teh

Secangkir teh hangat yang dapat membantu menggagalkan kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Sebuah studi menemukan bahwa antioksidan polifenol dalam teh hijau dan teh hitam dapat menghambat protein yang diperlukan kanker kulit untuk berkembang. Menurut Fortes, minum secangkir teh setiap hari dikaitkan dengan insiden melanoma yang lebih rendah.

Penulis: Rafinda

Loading