Sukses

Lifestyle

Ketahui 5 Biji-Bijian yang Menyehatkan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Biji-bijian adalah bagian penting dari diet sehat. Biji-bijian adalah makanan nabati yang memberi tubuh vitamin, mineral, dan karbohidrat penting yang memberi energi pada otot, otak, dan banyak lagi.

Secara sederhana, biji-bijian adalah biji kering yang bisa dimakan yang biasa disebut dengan sereal. Sereal biji-bijian adalah makanan sumber energi terbesar di dunia. Biji-bijian mengandung banyak nutrisi, seperti serat, magnesium, zat besi, vitamin B, fitonutrien, dan lainnya. Dilansir dari realsimple.com, berikut lima biji-bijian yang paling menyehatkan.

Gandum

Gandum mengandung polifenol yang bertindak sebagai antioksidan dan merupakan agen antiinflamasi yang kuat. Gandum juga tinggi beta-glukan, sejenis serat larut yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Gandum juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Gandum adalah sumber serat, besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, tiamin, mangan, dan selenium yang solid. Gandum bebas gluten secara alami tetapi dapat diproses dengan biji-bijian lain yang mengandung gluten.

Barley

Barley secara tradisional disajikan dalam sup, salad, dan banyak lagi. Barley mengandung jumlah serat makanan yang lebih tinggi daripada biji-bijian lainnya, ditambah lagi biji-bijian ini juga memiliki sejumlah phytochemical dan serat beta-glukan yang larut. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan membangun kekebalan tubuh. Jelay juga tinggi mangan, selenium, dan vitamin B. 

Jenis biji-bijian yang baik untuk kesehatan

Quinoa

Biji-bijian asal Amerika Selatan ini biasanya dimasak hanya dalam 15 menit yang membuatnya menjadi bahan sangat mudah disajikan. Quinoa juga sangat bergizi karena merupakan sumber protein nabati lengkap yang mengandung semua asam amino esensial. Quinoa juga mengandung lebih sedikit karbohidrat dan lebih banyak protein dibandingkan dengan biji-bijian lainnya. Quinoa juga tinggi magnesium, fosfor, mangan, dan asam folat. Seperempat cangkir mentah quinoa mengandung 170 kalori, 29 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 6 gram protein.

Amaranth

Amaranth adalah biji-bijian berukuran kecil yang bebas gluten dari Meksiko. Kandungan protein amaranth berkisar dari 14 persen hingga 15 persen. Amaranth memiliki phytochemical dan tinggi magnesium, mangan, dan fosfor. Seperempat cangkir amaranth mentah mengandung 200 kalori, 37 gram karbohidrat, 6 gram serat makanan, dan 7 gram protein.

Soba

Biji-bijian bebas gluten ini biasanya dimakan sebagai sereal yang digunakan dalam mi Jepang yang dikenal dengan mi Soba. Selain digunakan dalam mi, soba juga dapat dipadukan granola, pancake, atau crepes. Soba mengandung antioksidan yang dikaitkan dengan pencegahan kanker dan penyakit jantung. Soba juga tinggi serat larut yang dapat membantu meningkatkan kolesterol darah dan mengelola glukosa darah. Seperempat cangkir mentah soba mengandung 160 kalori, 34 gram karbohidrat, 5 gram serat makanan, dan 5 gram protein. Soba juga tinggi magnesium, tembaga, dan mangan.

Itulah beberapa biji-bijian terbaik yang dapat menyehatkan tubuhmu. Selamat mencoba, Sahabat Fimela.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Manfaat Hari Raya Nyepi untuk Jiwa Raga dan Alam Semesta
Artikel Selanjutnya
The Body Shop Donasi Alat Pelindung Diri dan Buka Penggalangan Dana