Sukses

Lifestyle

Tanda dan Cara Mengatasi Alergi Terhadap Tabir Surya

ringkasan

  • Tabir surya atau sunscreen berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar UV yang bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit.
  • Namun seseorang bisa saja mengalami alergi terhadap tabir surya. Biasanya tabir surya yang mengandung bahan-bahan kimia.

Fimela.com, Jakarta Tabir surya atau sunscreen berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar UV yang bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit. Namun, bagaimana jika ternyata Sahabat Fimela alergi terhadap tabir surya? 

Dilansir dari Women's Health Magazine, biasanya alergi ini terjadi pada tabir surya yang berjenis chemical, atau mengandung bahan kimia. Lisa Stirling, MD, seorang ahli dermatologi di Encinitas, California sekaligus penasihat medis eMediHealth menyarankan untuk menghindari penggunaan tabir surya berjenis chemical. 

"Saya menyarankan untuk menghindari penggunaan tabir surya chemical-based untuk wajah, terutama jika kandungannya memiliki avobenzone dan oxybenzone," katanya kepada Women's Health Magazine. 

Kedua kandungan tersebut memang diketahui sebagai bahan yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Lantas, bagaimana cara mengetahui jenis tabir surya? Biasanya, tabir surya yang memiliki kandungan dengan nama akhir benzone atau Cinnamate, merupakan tabir surya chemical yang mampu menimbulkan efek iritasi pada kulit wajah. 

Apa Ciri-Cirinya?

Biasanya, tanda-tanda kulit mengalami iritasi karena alergi terhadap tabir surya akan menimbulkan tanda sebagai berikut: 

  • ruam
  • rasa gatal
  • rasa perih
  • rasa panas
  • kemerahan
  • bentol-bentol

Menurut Lisa, kadang bahan kimia dalam tabir surya dapat menimbulkan photo-allergic reaction, yang terlihat seperti sunburn. Lantas, bagaimana cara menanggulanginya? 

Cara Mengatasi

Reaksi alergi ini bisa saja muncul kapan saja, bahkan menurut Lisa, meski kamu sebelumnya menggunakan brand yang sama bertahun-tahun dan tidak muncul reaksi alergi apa pun. Jika tiba-tiba terjadi reaksi seperti di atas, Lisa menyarankan untuk pergi ke dokter kulit untuk melakukan patch testing, khususnya jika kulitmu sangat sensitif. Dengan begitu, kamu bisa memilih tabir surya tanpa bahan kimia yang bisa menimbulkan reaksi alergi. 

Selain itu, kamu bisa mengganti tabir surya alami tanpa bahan kimia sama sekali. Semoga tidak ada reaksi yang muncul pada kulit wajahmu, ya!

#Changemaker

 

Loading