Sukses

Lifestyle

4 Tips agar Tepung Tidak Ambyar pada Ayam saat Digoreng

Fimela.com, Jakarta Ayam goreng tepung memang sangat disukai banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, ayam goreng tepung menjadi olahan ayam yang paling disuka. Di rumah pun kita bisa membuat sendiri ayam goreng tepung yang enak.

Cuma seringkali masalahnya ketika digoreng, lapisan tepung ayam ambyar. Sehingga lepas dari daging ayamnya. Kalau sudah begini, gagal sudah percobaan membuat ayam goreng tepung yang enak. Agar tepung tidak ambyar saat digoreng, ada sejumlah tips dasar yang perlu dicoba. Langsung saja simak di sini.

1. Daging Ayam Harus dalam Keadaan Kering

Melansir tasteofhome.com, pastikan daging ayam dalam keadaan kering sebelum dibalut tepung. Maksudnya, daging ayam perlu dalam keadaan kesat. Gunakan tisu dapur dan tepung-tepung permukaan daging ayam agar daging tidak terlalu basah. Kalau daging terlalu basah, nantinya malah akan menyebabkan tepung yang membalutnya jadi lembek.

2. Balut Daging dengan Tepung secara Merata

Tak perlu terlalu tebal. Pastikan daging dibalut dengan tepung secara merata. Ayam dibalut dengan tepung (adonan kering), kemudian dicelupkan ke air es atau bisa juga dicelupkan ke kocokan telur, lalu dibalut dengang tepung lagi. Cara ini bisa dilakukan untuk mengikat tepung, sehingga tepung tidak ambyar saat ayam digoreng.

3. Goncang atau Tepuk Daging Ayam sebelum Digoreng

Setelah dibalut tepung, daging ayam perlu ditepuk-tepukkan atau digoncang-goncangkan untuk melepas kelebihan tepungnya. Kelebihan tepung atau balutan yang terlalu tebal nantinya malah akan mudah lepas dan ambyar saat digoreng. Maka, sebelum dimasukkan ke wajan atau penggorengan, ayam perlu ditepuk-tepukkan terlebih dahulu.

4. Saat Digoreng, Jangan Terlalu Sering Dibalik

Proses menggoreng ayam tepung perlu sabar. Gunakan minyak banyak. Jangan buru-buru dibalik. Setelah ayam tepung dimasukkan ke minyak panas, diamkan dulu beberapa saat sampai lapisannya mengeras. Baru, balik perlahan-lahan. Setelah semua sisi matang merata, baru angkat dan tiriskan.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dicoba untuk mencegah tepung ambyar saat ayam digoreng. Semoga infonya bermanfaat dan tetap semangat memasak, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading