Sukses

Lifestyle

Pro dan Kontra Minum Kopi Sebelum Olahraga, Simak Ini

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar tentang saran minum kopi sebelum melakukan olahraga? Ya, beberapa ahli sepakat untuk menyarankan orang yang akan melakukan olahraga agar mengonsumsi kopi terlebih dahulu.

Namun, kopi tidak boleh langsung diminum sehabis kamu melakukan olahraga. Rehidrasi tubuh harus dilakukan dengan air putih terlebih dahulu, sebelum kafein, seperti dilansir dari purewow.com, Senin (24/2/2020).

Manfaat minum kopi sebelum olahraga

1. Meningkatkan kinerja

Menurut studi yang dilakukan oleh International Society of Sports Nutrition, kopi adalah bantuan ergogenik yang efektif untuk aktivitas ketahanan maksimal yang berkelanjutan. Kafein juga terbukti sangat efektif untuk membantumu olahraga lebih baik dan lebih lama.

Pengaturan waktu sangat penting di sini. Efek kafein pada tubuh biasanya memuncak sekitar satu sampai dua jam setelah kamu meminumnya. Setidaknya mulailah olahraga sekitar 45 hingga 60 menit setelah minum kopi untuk memperoleh manfaat maksimal.

2. Membantu untuk lebih fokus

Kafein adalah stimulan alami untuk meningkatkan fokus, kewaspadaan, dan fungsi kognitif tubuh yang umum. Namun, ketahui kemampuan tubuhmu sendiri untuk mengonsumsi kopi, jangan berlebihan.

3. Membuat olahraga terasa lebih nyaman

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Griffith University, Queensland, minum kopi sebelum dan sesudah olahraga dapat meningkatkan pengeluaran energi, yang artinya kamu bisa lebih menikmati aktivitas olahraga yang dilakukan.

4. Mengurangi sakit otot

Studi yang dilakukan oleh Universitas Rhode Island, kafein secara signifikan dapat mengurangi rasa sakit otot setelah olahraga. Minum kopi sebelum olahraga juga terbukti dapat mengurangi jumlah waktu untuk pemulihan otot.

 

 

Dampak buruk minum kopi sebelum olahraga

1. Tidak disarankan untuk kamu yang melakukan olahraga malam

Secara umum, para ahli menyarankan untuk berhenti minum kafein 4 sampai 6 jam sebelum tidur.

Makanan terbaik untuk dikonsumsi sebelum olahraga

1. Peanut butter toast

Sepotong roti gandum atau pisang dengan satu sendok kacang atau mentega almond adalah kombinasi karbohidrat dan protein yang sangat baik sebelum kamu melakukan olahraga. Karbohidrat akan memberimu energi, sedangkan protein membantu pertumbuhan otot.

2. Anggur dan keju

Buah mengandung karbohidrat penambah energi yang mudah untuk dicerna. Buah juga kaya akan serat dan phytochemical.

3. Pisang

Pisang sarat akan karbohidrat dan kalium, membuatnya menjadi makanan ringan terbaik untuk dikonsumsi sebelum olahraga.

4. Ubi

Ubi kaya akan kalium, vitamin A, dan karbohidrat yang merupakan sumber bahan bakar yang baik untuk dikonsumsi sebelum atau sesudah olahraga.

Intinya, kopi disarankan dikonsumsi sebelum olahraga, selama kamu tidak melakukan olahraga di malam hari. Setelah olahraga, mengonsumsi air putih adalah pilihan terbaik.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Menu Hari Ini: Sup Rumput Laut, Ati Ampela dan Ayam Saus Telur Asin
Artikel Selanjutnya
Istri Berpenghasilan Besar Bikin Suami Stres Berat, Menurut Penelitian