Sukses

Lifestyle

Tips Mencegah Terjangkit Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Virus corona adalah jenis virus yang biasanya memengaruhi saluran pernapasan pada hewan mamalia dan manusia. Dokter mengasosiasikan virus corona dapat menyebabkan masalah pada bronkitis, radang paru-paru, dan sindrom pernapasan akut. Selain itu pula memengaruhi pada usus.

Melansir dari cdc.gov (3/3) Pemahaman saat ini tentang bagaimana virus yang menyebabkan penyakit corona ini bisa menyebar sebagai dasar pada apa yang diketahui tentang virus corona. COVID-19 adalah penyakit baru dan masih banyak yang harus dipelajari tentang penyebab, tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkan, dan sejauh mana penyebarannya.

Penyebaran Virus Corona

Penyebaran dari Orang ke Orang

Virus ini diperkirakan menyebar terutama dari orang ke orang. Antara orang yang bersentuhan erat satu sama lain (dalam jarak sekitar 6 kaki). Selain itu juga penyebaran dapat terjadi melalui udara saat seseorang yang terserang virus corona mengalami batuk atau bersin. Mungkin saja virus tersebut dapat menyebar melalui udara dan mengenai orang di sekitarnya.

Penyebaran Melalui Benda yang Terinfeksi Virus Corona

Mungkin saja seseorang bisa terkena COVID-19 dengan menyentuh permukaan atau benda yang terkena virus dan kemudian orang tersebut menyentuh mulut, hidung dan mata. Namun ini bukan penyebab utama penyebaran virus corona.

Dapatkah Seseorang Menyebarkan Virus Tanpa Sakit?

Orang-orang dianggap memiliki potensi menularkan virus corona ketika mereka mengalami gejala paling parah. Beberapa penyebaran mungkin terjadi sebelum orang tersebut menunjukkan gejala. Sudah ada laporan tentang hal ini terjadi, tetapi ini tidak dianggap sebagai cara utama penyebaran virus.

Seberapa Mudah Virus Menyebar?

Seberapa mudah virus menyebar dari orang ke orang dapat bervariasi. Beberapa virus dapat dengan mudah menular seperti campak. Sementara virus lain tidak menyebar dengan mudah. Virus yang menyebabkan COVID-19, tampaknya menyebar dengan mudah dan berkelanjutan di beberapa wilayah yang terkena dampak. Penyakit yang dilaporkan telah berkisar dari gejala ringan hingga penyakit parah dan kematian untuk kasus virus corona ini.

Gejala dapat muncul 2-14 haru setelah terkena paparan. Gejala dari virus corona meliputi demam, batuk dan sesak napas. Saat ini belum ada vaksin untuk mencegah penyakit virus corona. Cara terbaik untuk mencegah virus ini adalah dengan menghindari terkena virus. Namun, sebagai pengingat CDC selalu merekomendasikan tindakan pencegahan setiap hari untuk membantu mencegah penyebaran penyakit penrnapasan. Berikut adalah cara untuk mencegah terjangkitnya virus corona.

Cara Mencegah Virus Corona

Menghindari Kontak dengan Orang yang Sakit

Hindari menyentuh mata, hidung, telinga dan mulut, hindari kontak langsung dengan orang yang terkena virus ini. Selain itu juga bersihkan dan desinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh menggunakan semprotan pembersih rumah.

Gunakan Sungkup Muka

CDC tidak merekomendasikan bahwa orang yang memakai masker wajah baik untuk melindungi diri dari penyakit pernapasan, termasuk COVID-19. Sungkup muka harus digunakan oleh orang yang menunjukkan gejala COVID-19 untuk membantu mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain. Penggunaan sungkup muka sangat penting untuk petugas kesehatan dan orang yang merawat seseorang.

Sering Mencuci Tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Terutama setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, setelah menutup hidung, batuk dan bersin. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol dengan setidaknya 60% alkohol. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air jika tangan tampak kotor.

Hindari Berbagi Barang-barang Rumah Tangga Pribadi

Sebaiknya jangan berbagi piring, gelas, minuman, dan perlatan makan, handuk atau tempat tidur dengan orang lain atau hewan peliharaan. Juga mungkin bersihkan semua permukaan yang mungkin mengandung darah, tinja, atau lap sesuai dengan instruksi label. Label berisi instruksi untuk penggunaan yang aman dan efektif dari produk pembersih termasuk tindakan pencegahan yang harus diambil ketika menggunakan produk, mungkin seperti menggunakan sarung tangan.

Berikut tadi beberapa tips untuk mencegah terjangkit virus corona. Meskipun belum ditemukan vaksin untuk virus ini, sebaiknya untuk tetap waspada dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu jaga daya tahan tubuh tetap kuat agar virus tidak dapat menyerang dengan mudah.

#Changemaker

;
Loading