Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Cenil yang Tidak Alot

ringkasan

  • Rasio Tepung Sagu dan Tepung Terigu Harus Pas
  • Masak di Wajan Anti Lengket
  • Adonan Dikukus

Fimela.com, Jakarta Jajanan atau kue tradisional di Indonesia ada banyak sekali ragam atau macamnya. Dari yang bercita rasa asin, gurih, dan manis pun ada. Bagi yang suka jajanan manis, mungkin tidak asing dengan cenil.

Cenil yang kenyal disajikan dengan kelapa parut dan kadang dengan gula merah cair rasanya benar-benar legit. Cuma kalau proses memasaknya kurang tepat, cenil jadi alot dan jelas kurang enak dinikmati. Untuk membuat cenil yang tidak alot, ada cara yang perlu diikuti.

1. Rasio Tepung Sagu dan Tepung Terigu Harus Pas

Kita bisa membuat cenil dari singkong. Tapi kalau mau yang lebih praktis, kita bisa menggunakan tepung sagu dan tepung terigu sebagai bahan utama membuat cenil. Pastinya rasionya harus pas. Untuk 250 gram tepung sagu, kita bisa menambahkan 50 gram tepung terigu. Campur kedua bahan tepung dengan 3 sdm gula putih, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt vanili, dan 250 air. Aduk sampai tidak bergerindil.

2. Masak di Wajan Anti Lengket

Adonan yang sudah tercampur rata bisa dimasak di wajan anti lengket. Aduk-aduk terus sampai semua bahan adonan menyatu dan menggumpal.

3. Adonan Dikukus

Siapkan panci kukusan. Tuang adonan di loyang yang sudah diolesi sedikit minyak. Kukus adonan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, biarkan dingin. Cenil pun akan memiliki tekstur kenyal dan tidak alot.

Setelah dingin, cenil bisa dipotong-potong sesuai selera. Sajikan dengan taburan kelapa parut dan gula sesuai selera.

#ChangeMaker

Loading