Sukses

Lifestyle

3 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Fimela.com, Jakarta Orangtua biasanya kerap kali melarangmu untuk rebahan setelah makan. Ternyata, rebahan bukan satu-satunya aktivitas yang tidak boleh langsung kamu lakukan setelah makan, lho!

Makan merupakan sebuah proses panjang yang tidak berhenti pada organ di area mulut untuk menghancurkan makanan, tetapi juga organ-organ pencernaan lainnya. Organ-organ ini akan bekerja dengan cara menghancurkan dan mengambil sari pati makanan untuk disebarkan ke seluruh tubuh. 

Namun, kerja organ-organ ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena itu, tiduran setelah makan justru akan menghambat kerja organ-organ tersebut. Selain tiduran, ada beberapa aktivitas lainnya yang tidak boleh langsung kamu lakukan setelah makan

 

Sikat Gigi

Kalau kamu habis makan atau minum sesuatu yang manis, sikat gigi setelahnya memang membantu mencegah terbentuknya plak gigi. Namun, kalau kamu makan sesuatu yang asam seperti buah sitrus, jangan langsung sikat gigi, ya! Paling tidak, tunggu 30 menit. Karena menyikat gigi setelah makan makanan asam justru akan merusak email gigi. 

Tidur

Ternyata, tidur atau rebahan setelah makan memang tidak boleh. Paling tidak, kamu harus menunggu 3 jam setelah makan untuk tidur. Dilansir dari Mayo Clinic, hal ini akan mengganggu sistem pencernaan dan asam di dalam lambung untuk mencerna makanan. 

Olahraga

Live Strong menulis, tubuhmu membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Sementara olahraga membutuhkan tenaga dan tekanan darah meningkat. Sehingga, berolahraga langsung setelah makan justru akan membuat tubuh bekerja dengan keras di saat yang sama. 

#Changemaker

Simak Video Berikut

;
Loading