Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengatasi Sulit Tidur pada Kaum Introver

Fimela.com, Jakarta Tidur adalah sebuah kebutuhan. Jika kebutuhan tersebut tak terpenuhi dengan baik, maka jelas dampaknya bisa sangat negatif. Masalahnya kadang kita kurang tidur karena sulit tidur seperti yang umum dialami orang dengan temperamen introver.

Mengutip buku The Introvert Advantage, salah satu alasan kaum introver sulit tidur adalah karena mereka memiliki otak yang sangat aktif. Dibanding kaum ekstrover, aliran darah kaum introver yang menuju ke bagian otak yang distimulasi lebih besar, dan mereka juga biasanya dibanjiri oleh banyak jenis stimulus, baik dari luar maupun dalam. Mereka tak dapat mengistirahatkan otak mereka, menutup diri dari dunia luar, atau menghentikan suara dari dalam diri mereka sendiri. Tak heran, kaum introver bisa sangat kesulitan untuk bersikap tenang, santai, dan tidur tujuh atau delapan jam seperti yang dianjurkan oleh para ahli.

Beberapa Tips untuk Kaum Introver agar Bisa Tidur

Ada enam tips simpel yang bisa dicoba oleh kaum introver agar bisa tidur. Selain menonaktifkan aneka gawai atau perangkat elektronik, berikut lima tips yang dapat dicoba.

1. Batasi Konsumsi Kopi

Kaum introver biasanya cukup sensitif terhadap kafein. Ada baiknya untuk membatasi konsumsi kopi. Jika merasa kurang perlu asupan kafein atau kopi, maka sebaiknya hindari saja.

2. Hilangkan Suara Bising

Matikan lampu atau pasang goren buram pada jendela kamar tidur. Coba kondisikan ruangan atau kamar tidur yang tenang. Hilangkan suara bising. Jika perlu, gunakan penyumbat telinga atau alat penyaring suara agar bisa mendapatkan suasana yang lebih hening.

3. Ciptakan Ritual Tidur

Sebelum tidur, ciptakan semacam ritual atau kebiasaan yang perlu dilakukan untuk bisa bersiap tidur. Sebisa mungkin jadwalkan waktu tidur dan bangun pada saat yang sama setiap harinya.

4. Jaga Kesejukan Kamar

Pertahankan kesejukan kamar. Tidak terlalu dingin atau terlalu gerah. Sehingga bisa membantumu untuk bisa merasa nyaman untuk tidur lebih nyenyak.

5. Ambil Napas Dalam

Ketika sulit tidur karena ada banyak pikiran, coba untuk latihan pernapasan. Ambil napas dalam dan hembuskan perlahan. Ulangi beberapa kali. Sugestikan pada dirimu sendiri bahwa yang kamu lakukan adalah untuk menolong diri dan tubuhmu sendiri. Tidur adalah kebutuhan yang perlu kamu penuhi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhmu.

Kekurangan tidur bisa memberi sejumlah dampak negatif, seperti menjadi lebih cepat marah, sering melakukan kesalahan, menumpulkan indra, dan mengurangi konsentrasi. Saat sulit tidur, cobalah beberapa cara atau tips di atas untuk membantumu terlelap.

#ChangeMaker

;
Loading