Sukses

Lifestyle

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan saat WFH, agar Berat Badan Tak Bertambah

Fimela.com, Jakarta Penyebaran virus corona memang semakin luas, Indonesia pun menjadi salah satu negara yang terjangkit penyakit Covid-19 ini. Agar tidak semakin parah penyebarannya, Presiden Joko Widodo pada Minggu, 15 Maret 2020 memberikan pernyataan agar masyarakat melakukan kegiatan dari rumah atau isolasi diri. 

Banyak perusahaan yang sudah memutuskan agar karyawannya melakukan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Begitu pun dengan pelajar diinstruksikan untuk belajar secara online.

Walaupun di rumah atau mengisolasi diri bukan berarti kita tidak bisa melakukan kegiatan apapun seperti olahraga. WFH bukan alasan untuk sahabat Fimela malas berolahraga. Justru olahraga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah penularan virus corona lho.

Nah, dilansir dari beberapa sumber, berikut olahraga yang bisa dilakukan di rumah.

1. Yoga

Melakukan yoga sederhana bisa dilakukan di rumah. Sahabat Fimela bisa mencoba beberapa gerakan sederhana di rumah seperti, tree pose, cat-cow, dan mountain pose.

Peneliti dari Texas State University, Stacy Hunter, juga mengatakan bahwa kita setidaknya bisa melakukan pranayama atau teknik pernapasan yoga simpel. Olahraga ini dapat meregangkan otot dan membakar kalori untuk mengurangi berat tubuhmu.

2. Zumba

Gerakan zumba bisa dilakukan di rumah. Sahabat Fimela hanya perlu putar lagu atau melihat gerakan zumba di Youtube. Lakukan setidaknya 30 menit sehari untuk mengurangi berat badanmu.

3. Skipping atau lompat lari

Tak perlu repot-repot ke luar rumah, olahraga skipping bisa dilakukan di dalam rumah. Namun harus hati-hati, bisa-bisa tali skippingmu mengenai barang-barang di rumah.

Lakukan olahraga ini setelah melakukan peregangan. Jika kuat, Anda bisa melakukannya 15 sampai 20 menit per hari.

4. Push up dan Squat

Tak perlu lahan yang luas untuk melakukan olahraga Push up dan Squat. Sahabat Fimela bisa melakukan olahraga ini di dalam rumah. Luangkan waktu untuk melakukan Push up dan Squat.

5. Wall Sit

Cara untuk melakukan wall sit juga terbilang sangat gampang. Posisi awal berdiri tegak dengan menempelkan punggungmu tepat pada tembok/dinding. Lalu perlahan langkah kaki satu persatu ke depan, tekuk lutut kedua kaki seperti memposisikan tubuh seperti saat  duduk di atas kursi. Atau dapat juga setelah melangkahkan satu persatu kaki kemudian turunkan perlahan tubuh atas sehingga posisi lutut dan bokong sejajar. Tahan dengan sekuat tenaga dan akan merasakan sakit pada bagian betis dan paha. Setelah itu tarik perlahan kaki satu persatu ke posisi semula (berdiri tegak).

#Changemaker

;
Loading

Live Streaming

Powered by