Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Lupis Lembut dengan Magic Com

Fimela.com, Jakarta Bagi penyuka kue tradisional bercita rasa manis gula merah, lupis mungkin jadi salah satu kue yang paling disukai. Kue dengan bahan utama ketan yang ditaburi kelapa parut dan disiram saus gula merah ini punya cita rasa manis dan legit. Banyak yang menyukainya karena cita rasa khas tersebut.

Untuk membuat kue lupis yang lembut, ternyata kita bisa pakai magic com. Lebih mudah dan praktis. Bagaimana cara membuatnya? Pertama-tama, siapkan dulu bahan-bahannya seperti berikut ini.

  • 500 gram beras ketan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 butir kelapa muda, diparut
  • 4 lembar daun pandan
  • 1/4 blok gula merah
  • 3 sdm gula putih

Beras Ketan Direndam Terlebih Dahulu

Cuci beras ketan sebanyak tiga kali. Setelah dicuci, beras ketan perlu direndam terlebih dahulu. Rendam minimal satu jam agar nanti ketika diolah hasilnya bisa empuk.

Bungkus Beras Ketan dengan Daun Pisang

Beras ketan yang sudah direndam, bisa langsung ditiriskan. Setelah itu, tambahkan garam, aduk rata. Siapkan daun pisang yang sudah dijemur (agak layu), bungkus beras ketan berbentuk seperti kerucut. Sematkan lidi di sisi ujungnya.

Didihkan Air di Magic Com

Masukkan air dan daun pandan ke panci magic com. Didihkan air, setelah itu masukkan beras ketan yang sudah dibungkus daun pisang. Pastikan posisi semua bungkusan terendam air. Masak selama kurang lebih satu jam. Setelah satu jam, angkat dan dinginkan.

Untuk membuat saus gula merahnya, masak gula merah, gula putih, daun pandan, dan garam hingga mengental dengan api kecil. Sajikan kue lupis dengan kelapa parut dan saus gula merah yang legit. Selamat mencoba, ya.

#ChangeMaker

;
Loading