Sukses

Lifestyle

Cara Membekukan Sayur Kale Agar Bertahan lama

Fimela.com, Jakarta Ditengah mewabahnya virus corona, kamu mungkin hanya akan sesekali pergi ke supermarket untuk berbelanja bahan makanan yang sudah habis. Tapi bagaimana cara agar sayuran yang kamu beli dapat bertahan lama? Jika kamu ingin membeli sayur kale dan masih belum tahu ingin memasaknya kapan, kamu dapat membekukan sayur kale dengan proses sederhana yaitu blanching.

Blanching adalah proses memasak makanan dalam air mendidih, kemudian dengan cepat mendinginkannya untuk menghentikan proses memasak. Ini akan membantu sayur kale mempertahankan warna cerah dan tekstur yang lebih baik.

Melansir dari purewow.com, berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk membekukan sayur kale agar dapat bertahan lama.

1. Menyiapkan alat yang diperlukan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan alat yang dibutuhkan. Setelah itu kamu siapkan panci besar berisi air dan menambahkan beberapa sendok makan garam. Siapkan juga mangkuk besar berisi air es di dekatnya dan jangan lupa siapkan saringan. 

Cara membekukan sayur kale agar bertahan lebih lama

2. Siapkan sayur kale

Sementara air mendidih, pisahkan batang dan daun sayur kale. Kamu juga dapat memotong ujung yang keras dari batang sayur kale. Jangan lupa untuk mencuci sayur kale untuk menghilangkan kotoran atau serangga yang menempel.

3. Merebus Sayur Kale

Setelah air sudah mendidih, kamu dapat memasukkan sayur kale ke dalamnya. Jangan merebus sayur kale terlalu lama, rebus hanya tiga menit. Setelah matang, segera tiriskan sayur kale menggunakan saringan.

4. Dinginkan dan bekukan kale

Jika sudah disaring, segera pindahkan ke dalam mangkuk air es untuk mendinginkannya. Hanya beberapa menit, lalu tiriskan kembali air es tersebut. Untuk membekukannya, kamu dapat mengemasnya dalam wadah atau kantong plastik dan memindahkannya ke dalam freezer. Ketika disiapkan dan disimpan dengan benar, sayur kale dapat tahan selama 12 bulan.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

;
Loading