Sukses

Lifestyle

7 Rekomendasi Buku untuk Membuatmu Rileks selama di Rumah Saja

Fimela.com, Jakarta Menghabiskan sebagian besar waktu di rumah kadang bisa cukup menjemukan. Bagi yang saat ini bekerja dari rumah, kadang ada titik jenuh yang kadang bikin mood turun. Di saat seperti itu, buku bisa jadi sahabat terbaik. Membaca buku yang bisa membuat pikiran terasa lebih rileks dapat menjadi hiburan tersendiri selama di rumah saja.

Kali ini Fimela akan memberi sejumlah rekomendasi buku yang pas dibaca di rumah untuk lebih rileks. Siapa tahu info ini bisa membantumu untuk bisa lebih nyaman selama berkegiatan dan menghabiskan sebagian besar waktu di rumah.

1. Loving the Wounded Soul

Sudah sejauh mana kita memahami depresi dengan baik? Sudah sejauh apa kita mengerti pentingnya memahami kesehatan mental? Memahami depresi dan kesehatan mental sama pentingnya dengan memahami kesehatan fisik atau tubuh kita. Bagaimana pun, aspek kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita.

Berbagai stigma terkait depresi banyak beredar di sekitar kita dan sering kita dengar. Label yang disematkan pada orang depresi pun kerap membuanya kesulitan untuk meminta pertolongan atau bantuan. Melalui buku Loving the Wounded Soul, Regis Machdi membahas kompleksitas depresi dengan bahasa yang sangat mudah dipahami. Sebagai penyintas depresi, dia pun membagikan cerita dan pengalamannya mengatasi kondisi depresinya.

2. Very Good Lives

Sosok J.K. Rowling pastinya tidak asing bagi kita. Penulis terkenal Harry Potter ini pun merupakan sosok yang sangat inspiratif. Perjuangannya merintis karier untuk menjadi penulis pun sangat luar biasa.

Pada tanggal 5 Juni 2008, J.K. Rowling memberikan pidatonya pada acara wisuda di kampus Harvard. Isi pidato tersebut sangat menggugah. Mengandung banyak pesan positif. Memberi pandangan baru soal kegagalan dan imajinasi. Pidato tersebut kemudian dibukukan dengan menambahkan sejumlah ilustrasi karya Joel Holland.

Berjudul Very Good Lives, buku ini kemudian diterjemahkan dan diterbitkan di Indonesia oleh Gramedia Pustaka Utama. Very Good Lives (Hidup yang Sangat Baik): Jangan Takut Gagal dan Berimajinasi memuat teks pidato lengkap J.K. Rowling yang sangat inspiratif yang disampaikan pada acara wisuda kampus Harvard tahun 2008. Pesan utama yang disampaikan adalah soal jangan takut pada kegagalan serta beranilah berimajinasi.

3. The Book of Imaginary Beliefs

Setelah The Book of Invisible Questions dan The Book of Forbidden Feelings, membaca The Book of Imaginary Beliefs ini memberi pengalaman yang berkesan sendiri. Dengan tema dan desain yang didominasi warna hijau, buku ini menghadikan perasaan yang lebih tenang dan santai ketika kita membuka setiap halaman bukunya. Konsep si bungsu kali ini bisa dibilang masih sama dengan dua kakak sebelumnya, berisi teks dan ilustrasi yang saling melengkapi yang membawa kita ke dimensi waktu serta ruang berbeda tapi terasa begitu dekat dengan yang kita alami sehari-hari.

The Book of Imaginary Beliefs bisa menjadi buku yang sangat membantu kita untuk melakukan refleksi diri. Berusaha untuk lebih dewasa dalam menyikapi berbagai hal dan tentunya untuk membantu kita mendefinisikan ulang makna kebahagiaan serta menciptakan kebahagiaan yang kita inginkan. Perasaan ketakutan dan kekhawatiran menjadi diri sendiri dilukiskan dalam ilustrasi dan narasi yang indah dalam buku ini.

4. Ganjil Genap

Novel Ganjil-Genap ini asyik banget. Topik cinta, persahabatan, keluarga, dan self love diracik dengan "ramuan yang pas". Kalau otak lagi jenuh atau sedang merasa galau, novel ini bisa jadi sahabatmu. Kita akan dibuat kesal, ketawa sampai guling-guling, merenung, hingga akhirnya tersenyum sendiri membaca novel ini hingga akhir.

5. Yang Aku Tahu dengan Pasti

Nama Oprah Winfrey jelas sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sosok perempuan yang telah memandu sebuah acara bincang-bincang terkenal selama 25 tahun ini memang sangat inspiratif. Setiap bulan selama empat belas tahun terakhir, ia telah menulis kolom yang wajib dibaca, “What I Know for Sure”, di O, The Oprah Magazine. Tulisan-tulisannya tersebut kemudian sebagian dibukukan dengan judul yang sama, What I Know for Sure (Yang Aku Tahu dengan Pasti).

Dalam buku ini, kita akan menemukan tulisan-tulisan tentang kegembiraan, kelenturan, keterhubungan, syukur, dan kemungkinan. Kumpulan tulisan tersebut dibuat Oprah melalui pengalaman yang ia dapatkan langsung serta perjumpaannya dengan sejumlah sosok luar biasa yang telah memberinya inspirasi. Ia juga menuliskan perasaannya dan berdamai dengan keadaan dari masa lalu yang telah menjadi bagian dari dirinya.

6. Traveling Aja Dulu!

Traveling Aja Dulu! bukan hanya merangkum kisah perjalanan Olivia berhasil mengunjungi 35 negara, melainkan juga berbagai tips dan info bermanfaat yang bisa dijadikan referensi untuk mewujudkan impian bisa keliling dunia. Berbagai tips juga dibagikan Olivia berkaitan dengan pengalaman traveling-nya. Mulai dari pembuatan visa dan paspor, pentingnya memiliki asuransi perjalanan, tips-tips mencari tiket dan hotel, barang-barang penting yang dibawa selama traveling, dan tips-tips penting mengatur keuangan selama traveling. Semua pengalaman pertamanya ketika traveling di Indonesia, traveling ke luar negeri, hingga pengalaman solo traveling juga ia ceritakan.

7. My Not So Perfect Life

Ngaku deh siapa di sini yang sering iri atau cemburu dengan kehidupan orang lain yang tampak sempurna di akun media sosialnya? Padahal kenyataannya, tak semua yang tampil dan diperlihatkan di media sosial itu memperlihatkan kebenaran. Malah besar kemungkinan hal-hal yang tampak mewah dan glamor yang ditampilkan di media sosial itu sesungguhnya dilakukan untuk menutupi kekurangan atau ketidaksempurnaan yang dimiliki.

My Not So Perfect Life ini menceritakan tentang Katie Brenner yang sedang membangun kariernya di London. Dia bekerja di sebuah perusahaan branding ternama. Meski begitu, dia masih harus berjuang dengan gaji yang tak seberapa. Bahkan ia tinggal di kamar sewa yang terlalu jauh dari tempat kerja serta sebenarnya kurang nyaman untuk ditinggali. Namun, dia berusaha untuk menjalani hidupnya karena tak mau mengecewakan ayahnya dan tak ingin terlihat buruk di mata sahabatnya.

Itu tadi beberapa rekomendasi buku nonfiksi dan fiksi dari Fimela yang bisa jadi pilihanmu untuk menemanimu hari-harimu selama di rumah. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta, Echinace Purpurea Bermanfaat Cegah Virus Corona Tanpa Menyebabkan Reaksi Imun Berlebih
Artikel Selanjutnya
Resep Bubur Ayam Telur Puyuh